Sabtu 05 Nov 2022 16:19 WIB

Kulit Tubuh Mengelupas? Ini 5 Cara Mengatasinya

Pengelupasan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Iritasi kulit
Foto: Youtube
Iritasi kulit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelupasan kulit merupakan suatu mekanisme tubuh yang umum terjadi. Pengelupasan kulit bisa menghilangkan sel-sel kulit mati untuk memberi ruang bagi sel baru untuk tumbuh. Selain itu, pengelupasan kulit bisa meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu dalam memasok kulit dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan jerawat serta gejala awal penuaan.

Dilansir dari health shots pada Kamis (3/11/2022), pengelupasan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan kemerahan, iritasi dan memperburuk keadaan kulit Anda.

Baca Juga

Berikut lima cara untuk membalikkan kerusakan kulit yang terkelupas:

 

Pilih Pembersih yang Ringan

 

Pengelupasan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kulit, iritasi kemerahan dan peradangan. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah hiperpigmentasi. Untuk membalikkan kerusakan yang sudah terjadi, Anda perlu memilih pembersih ringan yang tidak berbusa dengan keseimbangan pH rendah yang memiliki bahan-bahan yang menenangkan dan menghidrasi. Bahan yang diperluksan seperti asam hialuronat dan lidah buaya yang dapat mengurangi iritasi kulit.

 

Gunakan Tabir Surya

 

Tabir surya wajib digunakan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang terjadi akibat pengelupasan kulit yang berlebihan. Tabir surya juga dapat membantu menyembuhkan kulit.

Tabir surya dapat mencegah masalah kulit seperti penggelapan kulit, kemerahan, gatal, bengkak dan mengelupas serta memberikan perlindungan terhadap jerawat. 

Tabir surya juga membantu melindungi protein kulit penting yang membantu meningkatkan kesehatan kulit, seperti kolagen, elastin, dan keratin. Gunakan tabir surya untuk menghindari sengatan matahari dan ruam pada kulit yang terlalu terkelupas.

 

Pilih Minyak yang Mengandung Vitamin E

 

Anda perlu menambahkan minyak vitamin E dalam rutinitas kulit harian Anda. Minyak vitamin E adalah nutrisi dan antioksidan. Minyak ini dapat membantu Anda untuk melembabkan dan menghidrasi kulit, menjadikannya lembut dan kenyal. Menggunakan minyak vitamin E juga akan mencegah kulit Anda mengering akibat pengelupasan kulit yang berlebihan.

 

Gunakan Gel Lidah Buaya

 

Gel lidah buaya adalah bahan yang sangat baik untuk kulit. Lidah buaya dapat membantu mengobati sejumlah kondisi kulit selain meningkatkan kualitas kulit.

Gel lidah buaya merupakan anti-inflamasi dan memiliki efek pendinginan. Lidah buaya adalah salah satu perawatan paling organik untuk kulit terbakar dan sensitivitas kulit.

Es Batu

 

Jika kulit Anda teriritasi, meradang dan gatal karena pengelupasan yang berlebihan, Anda bisa menggunakan es batu. Mengoleskan es batu ke area kulit yang terkena akan mengurangi iritasi dan kemerahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement