Jumat 04 Nov 2022 18:14 WIB

Muba Masuk Nominasi Enam Kabupaten Terbaik

Pemkab Musi Banyuasin dianugerahi penghargaan bhumandala award

Tahun 2022 Pemkab Musi Banyuasin kembali dinominasikan sebagai salah satu dari enam simpul jaringan Kabupaten terbaik di Indonesia.
Foto: Pemkab Musi Banyuasin
Tahun 2022 Pemkab Musi Banyuasin kembali dinominasikan sebagai salah satu dari enam simpul jaringan Kabupaten terbaik di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Terhitung sejak 2018 lalu Pemkab Muba telah melaksanakan kebijakan Satu Peta yang juga didukung Simpul Jaringan Informasi (JI) Geospasial Kabupaten Musi Banyuasin, akhirnya Kabupaten Muba menikmati buah keberhasilan dari kerja keras implementasi tersebut.

Diketahui, simpul Jaringan Informasi Geospasial Kabupaten Musi Banyuasin mulai tahun 2019 telah terkoneksi dengan simpul jaringan informasi geospasial nasional melalui geoportal.mubakab.go.id.

Baca Juga

"Tahun 2022 Pemkab Musi Banyuasin kembali dinominasikan sebagai salah satu dari enam simpul jaringan Kabupaten terbaik di Indonesia," ujar Plt Kepala Bappeda Muba, Sunaryo SSTP MM.

photo
Tahun 2022 Pemkab Musi Banyuasin kembali dinominasikan sebagai salah satu dari enam simpul jaringan Kabupaten terbaik di Indonesia. - (Pemkab Musi Banyuasin)

Dijelaskan, simpul jaringan Muba dilaksanakan melalui lima pilar yaitu kebijakan dan peraturan, kelembagaan, teknologi, standar data, dan sumberdaya manusia. Dengan dukungan lima (5) pilar tersebut simpul ig muba telah mampu memproduksi 150 informasi geospasial tematik sebanyak (IGT), 21 perangkat daerah produsen data, 60 pns/non pns terlatih produksi data IG, server dedicated geoportal.mubakab.go.id di dinas Kominfo.

"Sebelumnya buah dari kerja pembangunan simpul jaringan tersebut, pada tahun 2020 Pemkab Musi Banyuasin juga dianugerahi penghargaan bhumandala award sebagai pelaksana simpul jaringan kabupaten terbaik," jelasnya.

Lanjutnya, perkembangan pelaksanaan lima pilar jaringan informasi geospasial daerah dan rencana pengembangan serta integrasi antara kebijakan satu peta dan satu data Indonesia. Kepala Bappeda juga juga menyampaikan bahwa proses integrasi tersebut telah dilakukan terhadap 120 data IG dan portal satu data muba telah terkoneksi dengan portal satu data Indonesia yang memuat 882 datasheet statistic.

"Kepala Bappeda juga melaporkan fokus ke depan simpul jaringan muba yaitu proses integrasi dan pemanfaatan informasi geospasial yang berkelanjutan," urainya.

Ia melanjutkan, dari paparan yang disampaikan simpul IG Muba, tim penilai memberikan apresiasi terhadap komitmen dan upaya berkelanjutan yang sudah dan akan dilakukan oleh Pemkab Muba dan berharap agar terus dilakukan pengembangan lima pilar sehingga ketersediaan data untuk mendukung proses perencanaan pembangunan dapat dilakukan dengan baik.

Sementara itu Kepala Dinkominfo muba Herryadi Sinulingga, AP Menambahkan bahwa pengembangan simpul jaringan dapat dilakukan berkat dukungan semua pihak terutama peran Bappeda sebagai Pembina Data Spasial, Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Pembina data Statistik dan Dinkominfo Kabupaten Musi Banyuasin sebagai Walidata Kabupaten serta penyediaan infrastruktur dan menyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) Tingkat Kabupaten.

"Semua itu selaras dengan Perpres 23 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta Pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1 : 50 ribu Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta merupakan bagian tidak terpisahkan dari Satu Data Indonesia (SDI) dan Kabupaten Musi Banyuasin saat ini juga sudah mengintegrasikan data satu peta dalam Satu Data Indonesia Kabupaten Musi Banyuasin dan Satu Data Indonesia (SDI) Pusat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement