Kamis 03 Nov 2022 14:40 WIB

Kebumen Beach Half Marathon Diluncurkan, Jadi Kalender Event Akhir 2022

Dalam lomba lari ini ada tiga kelas atau kategori yang bisa diikuti.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.
Foto: Dok. Pemkab Kebumen
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Di penghujung akhir 2022, ajang Kebumen Beach Half Marathon akan diadakan di pesisir selatan Kebumen, Jawa Tengah. Acara ini merupakan bagian dari event Kebumen Mendegam, sebuah perhelatan besar yang akan menampilkan berbagai macam pertunjukan dan perlombaan.

Peluncuran Kebumen Beach Half Marathon berlangsung di Alun-alun Kebumen oleh Bupati Arif Sugiyanto. Turut dihadiri Ketua KONI Kebumen Sriyanto, Ketua Panitia Santoso, para atlet lari, jajaran pimpinan OPD, dan lainnya.

Bupati lebih dulu memastikan kegiatan Kebumen Mendegam tidak dibiayai APBD, melainkan dari pihak swasta atau dari masyarakat untuk masyarakat yang sifatnya gotong royong. Dari event tersebut, kata dia, salah satu hal menarik yang perlu diikuti adalah lomba lari pantai maraton yang akan diadakan pada 31 Desember 2022.

"Kebumen Beach Half Marathon hadir dalam rangka mempromosikan gaya hidup sehat, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendorong kebangkitan Indonesia pasca pandemi Covid-19 serta  mengembangkan potensi sport tourism atau wisata olahraga di Kebumen, sekaligus juga menjadi rangkaian dalam acara Kebumen Mendegam," ujarnya.

Dalam lomba lari maraton ini ada tiga kelas atau kategori yang diikuti, pertama kelas Fun Run untuk jarak empat kilometer, kemudian 10 km, dan 21 km. Pelaksanaan lomba dimulai dari Pantai Pandan Kuning, Petanahan, sampai ke arah barat Pantai Suwuk, Puring.

Start pukul 06.00 WIB. Untuk fun run kelas empat km gratis, adapun untuk kelas 10 km dikenakan biaya Rp 125 ribu, dan kelas 21 km dikenakan biaya Rp 250 ribu.

"Kenapa harus ada yang berbayar? Karena untuk menguatkan spirit lomba lari ini, kemudian mereka akan mendapatkan jersey eksklusif, BIB (No Dada), medali finisher, water station, marshal, dan hadiah doorprize menarik lainnya," ujar bupati.

Yang tidak kalah menarik, dalam lomba lari ini akan diberikan hadiah doorprize berupa satu unit mobil listrik. Semua peserta lomba lari berhak mendapat kupon untuk dapat berkesempatan mendapat hadiah mobil listrik, kupon undian akan diberikan setelah peserta mengikuti lomba lari.

"Yang lari empat km gratis, juga dapat kupon, hanya mereka dikenakan wajib bayar tiket masuk di lokasi wisata sebesar Rp 6.000, karena memang tempatnya di lokasi wisata Pantai Pandan Kuning," jelasnya.

Menurut bupati, Kebumen Beach Half Marathon betul-betul Mendegam, selain merebutkan Piala Ketua DPR Puan Maharani, hadiah mobil listrik juga disebut menjadi yang pertama di Indonesia.

"Di Kebumen sendiri belum ada mobil listrik, jadi betul-betul Mendegam, sayang kalau sampai tidak ikuti, belum pernah ada di tempat lain," ujar bupati yang juga hobi lari.

Kebumen Beach Half Marathon diprediksi akan diikuti ribuan peserta lintas umur. Masyarakat dapat mengikuti fun run untuk kelas empat km. Adapun untuk kelas 10 km dan 21 km, hanya dibatasi sebanyak 500 peserta.

Biasanya ini diikuti oleh kalangan atlet atau profesional. Untuk mendaftar, para calon peserta bisa langsung kunjungi website resmi.  Untuk informasi seputar event spektakuler ini, panitia akan selalu melakukan update melalui akun resmi  Instagram Kebumen Beach Half Marathon.

Diketahui rangkaian acara Kebumen Mendegam bakal terselenggara selama empat hari mulai 29 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023. Selain festival kuliner, dan beragam perlombaan juga akan ada pertunjukan konser musik Slank, Happy Asmara, shalawatan, serta doa bersama Gus Azmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement