Kamis 03 Nov 2022 10:19 WIB

Kapolda: Ketua KPK Dampingi Tim Periksa Lukas Enembe di Rumahnya

Firli mendampingi penyidik serta tim dokter KPK memeriksa Lukas di Kota Jayapura.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kasus Gubernur Papua Lukas Enembe ditangani penyidik KPK.
Foto: republika/mgrol101
Kasus Gubernur Papua Lukas Enembe ditangani penyidik KPK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komjen (Purn) Firli Bahuri dijadwalkan mendampingi tim penyidik saat memeriksa Gubernur Papua Lukas Enembe di kediaman pribadi, Koya Tengah, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (3/11/2022). Penyidik bersama tim dokter memeriksa tersangka kasus suap dan gratifikasi itu di rumahnya, lantaran sakit strok.

"Memang benar Ketua KPK akan mendampingi timnya saat pemeriksaan oleh penyidik KPK," kata Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri di Kota Jayapura, Kamis. Dia mengatakan, Ketua KPK telah tiba di Jayapura beserta rombongan pada Kamis pagi WIT.

Siang harinya, menurut Mathius, Firli mendampingi penyidik serta tim dokter KPK memeriksa Lukas di kediaman pribadi. "Saya juga akan mendampingi Ketua KPK dan tim ke kediaman Gubernur Enembe di Koya Tengah, Jayapura pada siang ini setelah pertemuan di Mapolda Papua," kata Mathius.

Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Aloysius Renwarin, ketika dihubungi secara terpisah, menyatakan, Tim Hukum dan Advokasi Gubernur Papua (THAGP) sudah siap mendampingi kliennya selama pemeriksaan."Saya bersama tim yang ada di Jayapura siap mendampingi Gubernur Enembe selama pemeriksaan di kediaman pribadi," kata  Allo, sapaan akrab Aloysius Renwarin.

Allo menuturkan, saat ini pihaknya sudah berada di Koya Tengah. Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Papua dr. Donald Arronggear mengatakan, dokter independen yang mendampingi dokter KPK dari Jakarta. "Dokter pendamping dari IDI Pusat," kata Donald Arronggear.

Berita Terkait Kaitkan Berita

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement