Rabu 02 Nov 2022 21:18 WIB

Toni Kroos Tegaskan Ingin Pensiun di Real Madrid

Kroos bergabung dengan Real Madrid dari Bayern Muenchen pada 2014.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Toni Kroos dari Real Madrid.
Foto: ap/Joan Mateu Parra
Toni Kroos dari Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toni Kroos menyatakan akan pensiun di Real Madrid tetapi belum menjamin bahwa ia akan menandatangani kontrak baru dengan juara Liga Spanyol dan Eropa itu. Pemain berusia 32 tahun itu kembali menjadi pemain penting bagi tim asuhan Carlo Ancelotti musim ini dengan membuat 16 penampilan di semua kompetisi dan menyumbangkan tiga assist.

Namun, kontrak Kroos di Bernabeu akan berakhir Juni 2023 mendatang, dan ada sejumlah spekulasi seputar masa depannya di klub ibu kota Spanyol tersebut.

Baca Juga

Pemain asal Jerman itu mengatakan bahwa dia santai atas situasinya, tetapi dia sekali lagi menegaskan keinginan untuk pensiun di Los Blancos, apakah itu musim panas ini atau di masa depan.

“Saya sangat baik, saya merasa baik secara fisik. Saya sangat santai tentang pembaruan kontrak saya. Saya bahkan tidak tahu apa yang akan terjadi. Kami akan memutuskan sebelum Maret, sehingga Anda tidak semua mengerti. Saya akan pensiun di sini, yang saya tidak tahu kapan. Tidak ada yang baru untuk diceritakan," ujar Kroos dilansir Sportsmole, Rabu (2/11/2022).

Ada klaim bahwa beberapa pemain di Real Madrid membutuhkan istirahat, usai kalah melawan RB Leipzig di Liga Champions pekan lalu, sebelum ditahan imbang 1-1 oleh Girona di La Liga Spanyol pada hari Ahad (30/11/2022).

Kroos tidak akan tampil untuk timnas Jerman di Piala Dunia 2022, setelah pensiun dari sepak bola internasional tahun lalu. Ia mengatakan tidak dapat memilih antara kesuksesan klub atau kejayaan internasional. "Itu sangat sulit. Piala Dunia dimainkan setiap empat tahun dan Anda hanya bisa bermain dalam dua atau tiga tahun, tapi saya tidak akan memilih. Itu adalah momen yang sangat spesial."

Kroos bergabung dengan Real Madrid dari Bayern Muenchen pada 2014, dan ia telah mewakili raksasa Spanyol itu sebanyak 381 kali di semua kompetisi, menyumbang 25 gol dan 86 assist dalam prosesnya.

Gelandang ini juga sangat sukses di Bernabeu dalam hal trofi, mengangkat tiga gelar La Liga dan empat trofi Liga Champions, selain meraih trofi di Piala Super Spanyol, UEFA Super Club, dan Piala Dunia Antarklub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement