Rabu 02 Nov 2022 19:41 WIB

Kenal Lebih Dekat R. Jatinurcahyo, Dosen Universitas BSI Penuh Inspirasi

Dedikasinya pun secara berkesinambungan memberikan yang terbaik untuk masyarakat

R. Jatinurcahyo merupakan dosen program studi Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Yogyakarta. Ia telah mendedikasikan dirinya sebagai tenaga pendidik Universitas BSI sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Foto: istimewa
R. Jatinurcahyo merupakan dosen program studi Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Yogyakarta. Ia telah mendedikasikan dirinya sebagai tenaga pendidik Universitas BSI sejak tahun 2011 hingga saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--R. Jatinurcahyo merupakan dosen program studi Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Yogyakarta. Ia telah mendedikasikan dirinya sebagai tenaga pendidik Universitas BSI sejak tahun 2011 hingga saat ini.

Pria kelahiran kelahiran 16 Oktober 1971 merupakan sosok yang dibesarkan oleh keluarga yang sederhana di Bantul, Yogyakarta. Jati panggilannya adalah lulusan sarjana kimia tekstil dan pascarajana ekonomi-SDM (Cumlaude) di Universitas Islam Yogyakarta.

Baca Juga

Selain aktif mengajar di Universitas BSI kampus Yogyakarta, Jati juga berkarier di Museum Pura Pakualaman Yogayakarta serta membuka usaha batik tulis bernama WARNALAM sejak 2013 hingga sekarang.

Kredibiltas Jati juga dapat dilihat melalui loyalitas, kecintaan dan kepeduliaannya terhadap berbagai aktivitasnya dalam terus berupaya melestarikan budaya, khususnya pada Batik Tulis dan Busana Adat Jawa, terhitung sejak tahun 1991.

Dedikasinya pun secara berkesinambungan memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan melaksanakan tugas atas kepercayaan yang telah diberikannya dari berbagai pihak, baik secara individu, lembaga maupun instansi kedinasan.

Aktif diberbagai kegiatan diantaranya anggota dewan Pendidikan DIY, membina pelatihan membatik tulis dan membina pemakaian berbusana Adat Jawa di Tingkat Daerah sampai dengan Tingkat Nasional.

Ia juga pernah memenangkan hibah pengabdian kepada masyarakat dari Kemenristek Dikti DIPA tahun 2015 pelaksanaan tahun 2016 tentang pembuatan batik tulis dengan pewarna alam untuk busana bagi anggota PKK dan karang taruna di Srimulyo, Bantul, Yogyakarta. 

Kemudian ditahun 2017 membuat buku penuntun Pewarna Alam Soga Batik dan mulai tahun 2020 mendirikan usaha mikro kecil Batik Tulis Warnalam serta mencipta beberapa motif batik tulis Soga Jawa yang telah didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Belum lama ini, R. Jatinurcahyo, dosen Universitas BSI kampus Yogyakarta ini mendapatkan penghargaan atas jasanya dalam upaya Pelestarian Adat Tradisi di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Penyerahan piagam penghargaan ini diberikan pada Kamis, 27 Oktober 2022 lalu di Kantor Gubernur DIY, Kepatihan Yogyakarta. Penyerahannya dilakukan langsung oleh Gubernur DIY.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement