Rabu 02 Nov 2022 17:42 WIB

Paman Birin Bangga Atas Capaian Medali Emas Pencak Silat di Pra Popnas

Kalsel pada Pra Popnas Zona III meloloskan 16 atlet pencak silat ke Popnas 2023

Kegembiraan ditunjukkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin yang menyaksikan babak final Pra Popnas pencak silat kelas C putra.
Foto: Pemprov Kalsel
Kegembiraan ditunjukkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin yang menyaksikan babak final Pra Popnas pencak silat kelas C putra.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN – Kegembiraan ditunjukkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin yang menyaksikan babak final Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) pencak silat kelas C putra. Acara itu digelar di GOR Chandra Banjarmasin pada Selasa (1/11/2022) siang.

Bertanding dalam babak final itu wakil Kalsel Rivan yang berhadapan dengan Abu Sufyan dari Banten. Jalannya pertandingan yang sengit, membuat Paman Birin terus memberikan semangat. Akhirnya laga usai sesuai keputusan dewan juri, Rivan dinyatakan menang dan meraih medali emas.

Baca Juga

Saking gembiranya, Rivan yang membawa bendera Kalsel sampai menghampiri Paman Birin di tribun penonton. Sontak, Paman Birin pun menyambut gembira dan memeluk Rivan.

Tak sampai di situ, saat pengalungan medali emas pun Paman Birin sekali lagi memperlihatkan rasa bangganya dengan membopong Rivan. Dalam ajang Pra Popnas cabang pencak silat, 16 pesilat pelajar Provinsi Kalimantan Selatan berhasil mengantongi tiket untuk berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Tahun 2023 mendatang di Palembang.

“Jadi Kalsel pada Pra Popnas Zona III ini berhasil meloloskan 16 atlet pencak silat ke Popnas tahun 2023. ini sejarah baru untuk Kalsel,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Hermansyah di Banjarmasin.

Lebih lanjut, Hermansyah mengatakan pencapaian Kalsel di cabor Pencak Silat pada Pra Popnas Zona III Kalsel 2022 ini sangat luar biasa. “Kalsel menghasilkan empat medali emas dan 12 perak, tentu ini membahagiakan kita semua,” ujarnya.

Kepala Pelatih Pencak Silat Pra Popnas Kalsel Muhrani mengatakan perolehan medali kali ini termasuk yang terbanyak dari pada sebelumnya. Disinggung untuk target selanjutnya di Popnas 2023 nanti, dirinya menyampaikan saat ini belum bisa mengatakan hal itu.

“Fokus latihan dulu saat ini sehingga nanti bisa melihat dari hasil latihan dan tryout sehingga nanti bisa melihat waktu keberangkatan,” katanya.

Pihaknya juga menyampaikan bakal melakukan pemusatan pelatihan yang rencananya dimulai sejak antara Januari atau Februari 2023. “Mungkin TC yang paling lama, karena pencak silat tahu sendiri ketuanya Paman Birin. Jadi beliau ingin sekali mengukir sejarah di Popnas akan datang mendapatkan medali emas,” ucapnya.

Rivan, atlet pencak silat peraih medali emas, merasa sangat senang atas hasil yang dicapai dari latihan selama ini. “Seperti apa yang memang diharapkan,” tuturnya.

Untuk persiapan Popnas 2023 nanti, Rivan menyampaikan bakal berusaha lebih keras lagi. “Karena peraturan yang bakal diterapkan nanti peraturan di Popnas,” katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement