Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Ini Alasan Toni Kroos Pilih Pensiun di Real Madrid

Rabu 02 Nov 2022 14:54 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Toni Kroos dari Real Madrid bersiap untuk melakukan tendangan sudut saat pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Espanyol dan Real Madrid di Barcelona, ??Spanyol,  Senin (29/8/2022) dini hari WIB.

Toni Kroos dari Real Madrid bersiap untuk melakukan tendangan sudut saat pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Espanyol dan Real Madrid di Barcelona, ??Spanyol, Senin (29/8/2022) dini hari WIB.

Foto: ap/Joan Mateu Parra
Kroos bahkan siap menunggu hingga detik-detik terakhir masa kontraknya di Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, membantah kabar soal rencana pensiun pada akhir musim ini atau seiring dengan berakhirnya kontrak bersama Los Blancos. Namun, gelandang asal Jerman itu kembali memastikan bakal gantung sepatu di klub asal Ibukota Spanyol tersebut. 

Mantan gelandang Bayern Muenchen itu memang tengah melakoni tahun terakhir kontraknya bersama Madrid. Kroos terakhir kali memperbarui kontraknya bersama Los Blancos pada 20 Mei 2019 silam. 

Baca Juga

Bakal menginjak usia 33 tahun pada Januari mendatang, Kroos digadang-gadang bakal pensiun pada akhir musim ini. Terlebih, manajemen Los Blancos belum memberikan sinyal positif soal tawaran perpanjangan kontrak kepada pemain yang telah membela Los Blancos dalam sembilan musim terakhir, termasuk musim ini, tersebut. 

Namun, kabar itu dibantah oleh pemain yang telah pensiun dari Timnas Jerman pada 2021 silam tersebut. ''Saya masih merasa bugar dan fit. Semua berjalan lancar di atas lapangan. Terkadang, cukup menggelikan membaca semua kabar itu (rencana pensiun). Padahal, saya sendiri belum tahu apa yang akan terjadi. Mungkin, tahun depan, saya baru akan memikirkannya secara perlahan,'' kata Kroos seperti dikutip NDTV, Rabu (2/11/2022). 

Kendati begitu, gelandang yang pernah melakoni masa peminjaman di Bayer Leverkusen itu kembali menegaskan soal rencananya menjadi Los Blancos sebagai klub yang dibelanya. Kroos tidak berminat hijrah ke klub lain dan berniat mengakhiri karier sebagai pesepakbola profesional di Los Blancos. 

''Seperti yang sudah saya katakan, dan tidak pernah berubah, saya tidak akan pindah ke klub lain. Saya akan selalu berada di sini. Saya akan pensiun di klub ini. Saya hanya tidak tahu, kapan hal itu akan terjadi,'' tutur Kroos. 

Sejak mulai memperkuat Madrid pada awal musim 2014/2015, Kroos sudah mempersembahkan empat titel Liga Champions, tiga trofi La Liga, dan empat trofi Piala Dunia Antar Klub.

 Satu-satunya trofi yang belum dipersembahkan Kroos buat Los Blancos adalah gelar juara Copa del Rey. Gelandang yang mengantarkan Jerman merengkuh titel Piala Dunia 2014 itu bersikap santai soal belum ada tawaran perpanjangan kontrak dari manajemen Los Blancos.

Kroos bahkan siap menunggu hingga detik-detik terakhir masa kontraknya bersama Los Blancos, atau yang resmi berakhir pada 30 Juni 2023. 

''Sama seperti klub ini, saya tetap tenang. Saya sudah berada di klub ini sekitar delapan setengah tahun. Kami akan berbicara dengan tenang pada Januari, Februari, atau bahkan Maret tahun depan,'' ujar Kroos.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA