Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

CSR Pertamina Bina Desa Mernek Kabupaten Cilacap Raih Proklim Utama

Selasa 01 Nov 2022 12:44 WIB

Red: Christiyaningsih

Desa Mernek raih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama 2022.

Desa Mernek raih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama 2022.

Foto: Pertamina
Desa Mernek raih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama 2022

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Pertamina melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dijalankan di sekitar unit operasi Fuel Terminal Maos di Kabupaten Cilacap mengantarkan Desa Mernek sebagai peraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama tahun 2022. Berkat kontribusi tersebut, Pertamina menerima apresiasi dalam ajang Festival Iklim 2022 yang diselenggarakan pada Jumat (28/10/2022) di Gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta.

Piagam apresiasi diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar kepada Fuel Terminal Manager Maos PT Pertamina Patra Niaga, Ahmad Zaeni. Diketahui, Fuel Terminal Maos PT Pertamina Patra Niaga menjadi salah satu dari 11 perusahaan di seluruh Indonesia yang menerima apresiasi sebagai perusahaan pendukung Proklim.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya menyatakan bahwa ajang ini merupakan kepentingan bersama secara nasional dan global dalam adaptasi perubahan iklim, membangun indonesia yang berketahanan iklim dan rendah emisi gas rumah kaca. “Kami menyampaikan apresiasi kepada daerah-daerah yang berpartisipasi dan menyelenggarakan program kampung iklim di wilayah masing-masing. Tidak lupa juga kepada para perusahaan yang turut mendukung dengan membina desa-desa pesera Proklim,” tuturnya.

Ahmad Zaeni mengatakan Pertamina secara konsisten mendampingi dan membina Desa Mernek mengikuti ajang Proklim tiap tahunnya melalui program CSR yang dijalankan dengan tajuk Mernek Jenek. “Bersama pemerintah Kabupaten Cilacap, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, kami mendorong Desa Mernek lebih maju dan sejahtera melalui program pembedayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan, hingga pada tahun 2020 Desa Mernek meraih Proklim Kategori Utama Sertifikat. Kini pencapaian tersebut meningkat dengan meraih Proklim Kategori Utama Trophy di tahun 2022,” jelas Zaeni.

Tidak hanya itu, Zaeni menambahkan keberhasilan program CSR yang dijalankan bersama Desa Mernek juga turut mendapat penghargaan pada ajang lainnya. “Salah satunya PROPER Emas dua kali berturut-turut pada tahun 2020 dan 2021, yang juga diselenggarakan oleh Kementerian LHK,” imbuhnya.

Selain Desa Mernek, Pertamina juga turut mendampingi lima desa lainnya di Cilacap dalam keikutsertannya pada Proklim, khususnya dalam hal pelatihan dan pengisian Sistem Registri Nasional (SRN). “Di antaranya Desa Sindeh, Desa Glempang, Desa Karangbenda, Dusun Sodong, dan Dusun Babakan. Kami berharap akan semakin banyak desa di Cilacap yang dapat mengikuti jejak prestasi Desa Mernek,” ungkapnya.

Mitigasi Perubahan Iklim Berbasis Masyarakat, Komitmen Pertamina Terhadap ESG dan SDGs

Area Manager Communication, Relations, & CSR Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, menjelaskan dukungan yang diberikan Pertamina melalui program CSR dalam ajang Proklim yang dijalankan oleh desa-desa binaan merupakan salah satu wujud nyata dalam memitigasi perubahan iklim dengan pemberdayaan masyarakat. Hal itu sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan ESG (Environment, Social, Governance) sebagai entitas usaha. 

“Selain itu program ini juga ikut berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya pada poin 13 (Perubahan Iklim) dan poin 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan,” tutupnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA