Selasa 01 Nov 2022 10:39 WIB

Badai Debu Besar Mars Melemah Saat Planet Berganti Musim

Para ilmuwan masih bekerja untuk memahami nuansa cahaya badai debu Planet Mars.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Kawah Jezero menyimpan masa lalu planet Mars. Badai Debu Besar Mars Melemah Saat Planet Berganti Musim
Foto: republika
Kawah Jezero menyimpan masa lalu planet Mars. Badai Debu Besar Mars Melemah Saat Planet Berganti Musim

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Badai debu besar di Mars yang mengancam pendarat Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akhirnya memudar. Pada akhir September, Mars Reconnaissance Orbiter NASA membunyikan alarm untuk misi mempelajari Planet Merah saat badai debu sedang terjadi.

Badai semacam itu memiliki reputasi suram di antara misi permukaan sejak badai yang mengelilingi seluruh planet mengakhiri misi penjelajah (rover) Opportunity bertenaga surya pada 2018. NASA sekarang memiliki robot bertenaga surya lain di permukaan yang perlu dikhawatirkan, yaitu pendarat InSight-nya.

Baca Juga

Selama beberapa pekan, badai meninggalkannya InSight dalam damai, tetapi pada awal Oktober, debu telah menggelapkan langit di atasnya dan personel pesawat ruang angkasa khawatir misi mereka akan berakhir dengan tiba-tiba. Sekarang, jelas bahwa meskipun akhir misi InSight masih membayangi, pendarat melewati badai terburuk dan debu mulai turun dari langit, Claire Newman, seorang ilmuwan atmosfer di Aeolis Research yang bekerja pada pengamatan cuaca dari pesawat ruang angkasa permukaan Mars, mengatakan kepada Space.

Para ilmuwan masih bekerja untuk memahami nuansa cahaya Planet Merah, dan badai debu khususnya, kata Newman. Badai debu lokal kecil dapat terjadi sepanjang tahun, tetapi badai yang lebih besar menjadi lebih umum saat musim panas berakhir di belahan bumi selatan, sehingga badai seperti yang mengancam InSight tidak melampaui norma.

“Ini adalah jenis acara yang sering kita lihat di sepanjang tahun ini,” kata Newman, dilansir dari Space, Ahad (30/10/2022). “Kami berharap itu akan berubah menjadi regional. Sepertinya, dari jenisnya, ini cukup besar.”

Badai mengikuti ritme musiman karena dipicu oleh ketidakseimbangan panas yang mengangkat debu dari permukaan dan masuk ke atmosfer Mars yang tipis. Di sana, itu memicu lingkaran setan. “Anda menaikkan debu, debu menjadi panas, yang cenderung mengurangi gradien suku ini, jadi secara lokal Anda cenderung mendapatkan angin yang lebih kuat, dan kemudian mereka cenderung mengangkat lebih banyak debu,” kata Newman.

Pengorbit dapat mendeteksi badai yang sedang terjadi dalam gambar dan data suhu, tetapi misi di permukaan juga dapat mengidentifikasi badai, bahkan badai yang jauh, karena debu menyebabkan siklus tekanan atmosfer harian di Mars menjadi lebih dramatis. Penjelajah Perseverance, misalnya mendeteksi perubahan tekanan ini pada hari-hari awal badai, bahkan tanpa debu di langit di atas Kawah Jezero.

"Ini adalah respons global terhadap sesuatu yang mungkin hanya terjadi di sepertiga planet ini, atau kurang," kata Newman.

Itu berbeda dari badai global, yang memenuhi atmosfer di seluruh planet ini, dari timur ke barat, dengan debu. Badai ini dapat terbentuk setiap beberapa tahun karena di Mars, sulit untuk menghentikan siklus umpan balik yang dipicu oleh debu di atmosfer.

“Anda tidak mendapatkan badai debu skala global di Bumi, dan itu sebagian karena atmosfer tebal semacam mencegah umpan balik yang sangat kuat ini,” kata Newman. “Tapi itu juga karena Anda memiliki lautan dan Anda memiliki air dan curah hujan, dan itu menarik debu keluar dari atmosfer, sedangkan di Mars, Anda tidak memiliki semua itu untuk memperlambat debu.”

Meskipun badai baru-baru ini adalah peristiwa regional yang besar, badai itu tidak berhasil menyelimuti seluruh planet. Penangguhan hukuman mungkin berasal dari fakta bahwa secara umum, pada saat ini tahun, angin permukaan di Mars bertiup dari utara, dan badai ini dimulai di selatan. Jadi sementara atmosfer atas di belahan bumi utara (tempat Perseverance ditempatkan) menjadi agak berdebu, badai itu sendiri mungkin telah berjuang untuk mendapatkan pijakan di permukaan dan tumbuh ke utara.

“Bisa jadi waktu dalam setahun saat ini terjadi dan sirkulasi latar belakang yang membuatnya lebih sulit untuk berkembang dan menjadi global,” kata Newman. “Akan sulit untuk berkembang ke arah utara dan ke belahan bumi utara pada tingkat rendah, karena aliran latar datang ke arah yang salah.”

Tidak mungkin, meskipun bukan tidak mungkin, Mars akan melihat badai debu besar lainnya tahun ini, kata Newman. “Kita mungkin akan tiba di akhir musim badai debu besar,” katanya. “Anda tidak pernah bisa mengatakan tidak pernah dengan Mars.”

Badai baru-baru ini adalah yang terbesar kedua yang terjadi tahun Bumi ini, setelah badai yang terjadi di dekat pos penjelajah Perseverance di Kawah Jezero. Badai itu datang luar biasa di awal musim dan sangat menarik.

“Ini adalah pertama kalinya kami melakukan pengamatan rinci di lokasi di mana ada pengangkatan debu aktif selama badai. Kami sebenarnya berada di lokasi sumber badai,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement