Selasa 01 Nov 2022 02:37 WIB

Roma Taklukkan Verona dengan Skor 3-1

AS Roma berhasil memetik tiga poin dari Verona pada pekan ke-12 Serie A Italia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Penyerang Roma Nicolo Zaniolo melakukan selebrasi usai mencetak gol pengimbang  dalam laga Verona vs AS Roma, Selasa 1 November 2022
Foto: EPA
Penyerang Roma Nicolo Zaniolo melakukan selebrasi usai mencetak gol pengimbang dalam laga Verona vs AS Roma, Selasa 1 November 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- AS Roma berhasil memetik tiga poin dari Verona pada pekan ke-12 Serie A Italia di Stadion Marcantonio Bentegodi, Selasa (1/11/2022) dini hari WIB. Roma yang sempat tertinggal membalikkan keadaan menjadi 3-1 dengan memanfaatkan keunggulan jumlah pemain.

Kesempatan pertama adalah untuk Verona. Itu terjadi di menit ke-7 ketika Davide Faraoni mengirim bola untuk Kallon, yang kemudian mengirim umpan tarik di tengah kotak penalti namun peluang itutidak dapat dijangkau Henry. Paluang yang sangat disayangkan oleh pendukung tuan rumah.

Di menit ke-16, Verona terus menekan sehingga memaksa Giallorossi bermain di daerahnya sendiri. Adapun peluang tercipta ketika tembakan jarak jauh Gallon berbelok arah setelah membentur Smalling, namun kiper Roma, Rui Patricio dengan mudah membloknya.

Dua menit berselang, Roma tiba-tiba bangkit setelah serangkaian ancaman ke gawangnya. Ada umpan terobosan brilian dari Zaniolo ke Abraham, tetapi upaya dari pemain Inggris itu masih membentur tiang setelah melewati kiper Verona, Lorenzo Montipo. Belum ada pemecah kebuntuan sejauh ini.

Masih dari kubu Roma, Abraham kembali menciptakan peluang di menit ke-20. Berawal dari Rick Karsdorp yang mengirim umpan silang dari sisi kanan, kemudian disambut dengan sundulan langsung ke gawang, namun tandukan mantan pemain Chelsea itu masih melambung di atas mistar gawang.

Di menit ke-27, percobaan dilakukan oleh Marco Faraoni dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak 16. Namun upayanya tersebut masih meleset ke sisi kiri gawang. Sejurus kemudian, Pawel Dawidowicz memecah kebuntuan dengan tembakan kaki kanan dari bagian tengah kotak 16 ke sudut kanan bawah. Assist dari Marco Faraoni melanjutkan tendangan sudut. Skor 1-0 untuk Verona.

Namun nasib sial menimpa Verona. Pencetak gol Dawidowicz datang dengan tekel berbahaya pada Zaniolo di menit ke-35. Wasit Juan Luca Sacchi memeriksa VAR kemudian memutuskan untuk menunjukkan perintah berbarisnya kepada pemain Verona dan memberikan kartu merah langsung kepada Dawidowicz.

Tak lama berselang, Roma menyamakan kedudukan saat Nicolo Zaniolo melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari sebelah kanan kotak penalti ke sudut kiri bawah. Skor berubah 1-1 menjelang turun minum.

Di babak kedua, meskipun unggul satu pemain, Roma berjuang untuk menciptakan peluang mencetak gol pembalik keadaan saat Verona terus bertahan dengan tenang. Mourinho memberikan kesempatan bermain kepada Andrea Belotti dan talenta muda Cristian Volpato, menggantikan Zaniolo dan Nicola Zalewski.

Tembakan pertama Belotti pada menit ke-65 tidak memberikan masalah berarti bagi kiper Gialloblu. Pertahanan tuan rumah cukup rapat untuk ditembus Roma. Pasukan Mourinho kesulitan menciptakan peluang ke gawang di sepanjang babak kedua. Percobaan lain dilakukan Belotti di menit ke-72, yang memaksa Montip melakukan penyelamatan penting.

Roma akhirnya membalikkan keadaan di menit ke-88. Gol diciptakan oleh Volpato saat menyelesaikan umpan dari Matic. Setelah keunggulan tersebut, Roma memperlebar kemenangan dengan gol ketiga yang disarangkan oleh El Shaarawy saat ia menerima umpan terobosan di kanan sebelum menyontek bola ke tiang dekat. Laga berakhir dengan skor 3-1 untuk Roma.

Susunan pemain kedua tim:

Verona (3-4-1-2): Montipo; Ceccherini, Gunter, Dawidowicz; Depaoli, Veloso, Hongla, Faraoni; Tameze; Henry, Kallon

Pelatih: Salvatore Bocchetti

AS Roma (3-4-1-2): Rui Patricio; Mancini, Smalling, Ibanez; Karsdorp, Cristante, Camara, Zalewski; Pellegrini; Zaniolo, Abraham

Pelatih: Jose Mourinho

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement