Selasa 01 Nov 2022 00:30 WIB

IKN Nusantara Bakal Berdampak terhadap Kaltim

Anggota DPRD meyakini keberadaan IKN Nusantara akan berdampak terhadap Kaltim.

Presiden Joko Widodo memantau pembangunan infrastruktur kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Anggota DPRD meyakini keberadaan IKN Nusantara akan berdampak terhadap Kaltim.
Foto: Antara
Presiden Joko Widodo memantau pembangunan infrastruktur kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Anggota DPRD meyakini keberadaan IKN Nusantara akan berdampak terhadap Kaltim.

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM -- Ibu Kota Negara Indonesia baru, Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara bakal berdampak terhadap pembangunan dan perekonomian di Provinsi Kalimantan Timur.

"Kami dukung IKN Nusantara karena akan berdampak terhadap pembangunan dan perekonomian di Kaltim," kata anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Muhammad Bijak Ilhamdani. di Penajam, Senin (31/10/2022).

Baca Juga

Masyarakat lokal harus menyiapkan diri untuk menyongsong IKN Indonesia baru tersebut, sebab akan membuka peluang pekerjaan dan berbagai peluang usaha. Peningkatan sumber daya manusialokal sangat penting agar mampu bersaing di berbagai sektor, serta Pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) harus diberi pelatihan peningkatan kualitas produksi dan pelatihan pemasaran berbasis digital.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara kata dia, harus menyiapkan pelaku UMKM untuk menghadapi persaingan usaha di IKN Nusantara. Kunjungan Presiden Joko Widodo meninjau lokasi IKN Indonesia baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara pada Selasa (25/10), diharapkan berdampak terhadap percepatan pembangunan infrastruktur dasar IKN Indonesia baru tersebut.

Kunjungan Presiden Jokowi di lokasi pembangunan KN Nusantara tersebut bisa meningkatkan optimisme masyarakat, bahwa pemindahan IKN akan terwujud.

Tentunya masyarakat semakin optimistis dengan pembangunan IKN Indonesia baru menurut dia, Presiden Jokowi menyatakan dalam kunjungan kerja, bahwa kemajuan pembangunan IKN Nusantara sesuai ekspektasi (harapan).

Apalagi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal segera membangun Istana Negara bakal di KIPP (kawasan inti pusat pemerintahan IKN Indonesia baru di Kecamatan Sepaku.

Informasi yang didapat proses lelang proyek pembangunan Istana Negara telah rampung jelas dia, PT Waskita Karya (Persero) sebagai pemenang lelang proyek pembangunan Istana Negara dengan nilai penawaran Rp 1,35 triliun.

"Kami juga senang, bahwa proses pembangunan IKN Indonesia baru sesuai yang diharapkan," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement