Senin 31 Oct 2022 18:29 WIB

Ilmuwan Temukan Lautan Luas Ratusan Ribu Kilometer di Mars Sekitar 3,5 Miliar Tahun Lalu

Bukti lautan di Mars terlihat dalam bentuk topografi garis pantai yang khas.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Bukti lautan di Mars terlihat dalam bentuk topografi garis pantai yang khas (Foto: ilustrasi planet Mars)
Foto: nasa
Bukti lautan di Mars terlihat dalam bentuk topografi garis pantai yang khas (Foto: ilustrasi planet Mars)

REPUBLIKA.CO.ID, PENNSYLVANIA -- Para ilmuwan telah menemukan bukti lautan luas yang ada di permukaan planet Mars sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu, kemungkinan meliputi ratusan ribu kilometer persegi. Bukti itu datang dalam bentuk topografi garis pantai yang khas, yang diidentifikasi melalui banyak citra satelit dari permukaan Mars.

Ketika gambar-gambar ini diambil pada sudut yang sedikit berbeda, peta relief dapat dibuat. Para peneliti telah mampu memetakan lebih dari 6.500 kilometer punggungan fluvial, tampaknya dipahat oleh sungai, menunjukkan bahwa mereka kemungkinan besar aBumidalah delta sungai yang terkikis atau sabuk saluran bawah laut (saluran yang diukir di dasar laut).

Baca Juga

“Hal besar dan baru yang kami lakukan dalam makalah ini adalah memikirkan Mars dalam hal stratigrafi dan catatan sedimennya,” kata Geoscientist Benjamin Cardenas dari Pennsylvania State University, dilansir dari Sciencealert, Senin (31/10/2022).

“Di Bumi, kami memetakan sejarah saluran air dengan melihat sedimen yang diendapkan dari waktu ke waktu. Kami menyebutnya stratigrafi, gagasan bahwa air mengangkut sedimen dan Anda dapat mengukur perubahan di Bumi dengan memahami cara sedimen menumpuk. Itulah yang kita sudah melakukannya di sini- tapi ini Mars,” lanjutnya.

Menggunakan data dari Mars Reconnaissance Orbiter yang dikumpulkan pada 2007, timm menerapkan analisis ketebalan punggung bukit, sudut dan lokasi untuk memahami area studi depresi topografi yang dikenal sebagai wilayah Aeolis Dorsa di Mars.

"Tampaknya mungkin bahwa sejumlah besar perubahan terjadi di bagian planet ini bertahun-tahun yang lalu," jelas Cardenas.

Hal ini ditunjukkan dengan bukti kenaikan permukaan laut yang cukup besar dan pergerakan batuan yang cepat oleh sungai dan arus. Saat ini, Aeolis Dorsa berisi kumpulan punggung bukit fluvial paling terkonsentrasi di Mars.

Semua ini terkait dengan pencarian kehidupan di Mars. Salah satu pertanyaan paling mendasar yang dilihat para ilmuwan sehubungan dengan planet merah adalah apakah planet itu pernah memiliki kondisi yang cukup ramah untuk dapat mendukung kehidupan.

“Apa yang langsung terlintas dalam pikiran sebagai salah satu poin terpenting di sini adalah keberadaan lautan sebesar ini berarti potensi kehidupan yang lebih tinggi,” kata Cardenas.

“Ini juga memberi tahu kita tentang iklim purba dan evolusinya. Berdasarkan temuan ini, kita tahu pasti ada periode ketika suhu cukup hangat dan atmosfer cukup tebal untuk mendukung air cair sebanyak ini pada satu waktu.”

Para peneliti tidak berhenti di wilayah Aeolis Dorsa. Dalam studi terpisah yang diterbitkan di Nature Geoscience, beberapa peneliti yang sama, termasuk Cardenas, menerapkan teknik pencitraan akustik yang digunakan untuk memetakan dasar laut purba di Teluk Meksiko ke model bagaimana air mungkin mengikis permukaan Mars.

Ada area besar yang mungkin merupakan punggung bukit fluvial di seluruh Mars, dan simulasi yang dijalankan oleh tim sangat mirip dengan bentuk lanskap di planet merah-menunjukkan bahwa ada cakupan air yang luas pada satu waktu.

Sciencealert melihat semakin banyak tanda-tanda bahwa air pernah melimpah di Mars, dan pekerjaan terus berlanjut untuk mencari tahu apa yang mungkin menyebabkannya dan di mana air itu sekarang – meskipun melihat kembali miliaran tahun waktu tidaklah mudah.

“Jika ada pasang surut di Mars kuno, mereka pasti ada di sini, dengan lembut membawa air masuk dan keluar,” kata Cardenas.

“Ini persis jenis tempat di mana kehidupan Mars kuno bisa berevolusi,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement