Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Tertarik Jadi Barista? Simak Tips Menggeluti Profesinya

Selasa 01 Nov 2022 03:45 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Barista (Ilustrasi). Menjadi barista di era saat ini semakin dipermudah karena bantuan teknologi.

Barista (Ilustrasi). Menjadi barista di era saat ini semakin dipermudah karena bantuan teknologi.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Barista bukan cuma harus pintar meracik kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi orang yang ingin menggeluti profesi barista, pengetahuan mengenai seluk-beluk kopi menjadi sangat penting. Barista merupakan sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi.

Barista dari Starbucks Reserve Dewata Bali, Cava Timotius Sedayu Bramono, sudah melakoni profesi tersebut sejak 2018. Menurut Cava, menjadi barista di era saat ini semakin dipermudah karena bantuan teknologi.

Baca Juga

"Banyak sumber informasi mengenai kopi di internet. Kalau ke gerai kopi, seperti Starbucks, bisa ngobrol sama barista, tentang cara bikin kopi yang enak atau coffee testing (mencicipi kopi)," kata Cava kepada Republika.co.id.

Juara Starbucks Barista Championship Indonesia 2022 tersebut semula tertarik menjadi barista karena hobi ngopi. Cava senang ngopi di rumah, namun awalnya tidak terpikir menjajal karier di bidang perkopian.

Saat sedang menggarap skripsi beberapa tahun silam, lulusan jurusan ilmu politik tersebut iseng-iseng bekerja paruh waktu di Starbucks. Selain mendapat uang tambahan, Cava mendapat banyak wawasan baru dan memutuskan terus menjadi barista.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA