Senin 31 Oct 2022 13:23 WIB

UPZ Baznas Petrokimia Gresik Raih Dua Penghargaan Award UPZ Tahun 2022

Donatur dapat menyalurkan dana ZIS melalui dompet digital.

UPZ Baznas Petrokimia Gresik berhasil meraih dua penghargaan pada Award UPZ Baznas Tahun 2022.
Foto: Istimewa
UPZ Baznas Petrokimia Gresik berhasil meraih dua penghargaan pada Award UPZ Baznas Tahun 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK--Unit Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional (UPZ Baznas) Petrokimia Gresik berhasil meraih dua penghargaan pada Award UPZ Baznas Tahun 2022. Dua penghargaan itu yakni, sebagai "UPZ BUMN dengan Pelaporan Terbaik" dan "UPZ BUMN dengan Pengumpulan ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) Terbaik".

Ketua UPZ Baznas Petrokimia Gresik (PG), Yusuf Wibisono menuturkan, selama ini pengelolaan pelaporan dana ZIS di PG dilakukan sistem informasi terpadu. Yakni, melalui sizipro.upzbaznaspg.com yang merupakan platform digital berbasis web. UPZ Baznas Petrokimia Gresik juga melakukan pelaporan kegiatan dengan memanfaatkan kanal media sosial Instagram dan Facebook, serta memberikan informasi melalui Whatsapp Blasting secara berkala kepada para donatur.

Baca Juga

Yusuf menuturkan, pihaknya berupaya menyampaikan pelaporan dengan mengedepankan prinsip transparansi. Hal itu yang mendasari pemanfaatan semua platform media dalam pengelolaan pelaporan. "Karena para donatur kami adalah karyawan Petrokimia Gresik yang sebagian besar generasi Milenial dan sangat akrab dengan teknologi, maka kami menyampaikan pelaporan pengelolaan dana ZIS dan kegiatan melalui platform digital," tutur Yusuf dalam keterangan, Senin (31/10/2022).

Yusuf yang juga Sekretaris Perusahaan (Sesper) Petrokimia Gresik ini menambahkan, pelaporan kegiatan juga dikemas dalam Bulanan Digital, serta Annual Report. Program digitalisasi ini dikerjakan tim di bawah koordinasi Sekretaris UPZ Baznas Petrokimia Gresik, Ari Primantara dan untuk konten-kontennya dikoordinasikan oleh Bendahara UPZ Baznas Petrokimia Gresik, M Nadhiful.

Menurut Yusuf, pemanfaatan platform digital juga dilakukan UPZ Baznas Petrokimia Gresik dalam upaya pengumpulan ZIS. Para donatur dapat menyalurkan dana ZIS melalui dompet digital yang proses transfernya menggunakan pindai barcode atau QRIS, sehingga lebih praktis dan aman. Selain itu, ZIS juga dikumpulkan melalui payroll tiap bulannya, sehingga prosesnya otomatis dan tidak rumit.

"Pengalaman yang didapatkan para donatur ketika menyalurkan ZIS diharapkan akan diceritakan kepada calon donatur di Petrokimia Gresik, sehingga dari sini akan banyak donatur baru di kami. Di sisi lain, program ini sekaligus implementasi dari prinsip keterbukaan atau transparansi dalam penyaluran yang kami lakukan," ujar Yusuf.

Lebih lanjut ia menjelaskan, perolehan penghargaan pelaporan terbaik dari Baznas menjadi yang kedua diperoleh UPZ Baznas Petrokimia Gresik. Yusuf menegaskan, ia bakal terus meningkatkan kepercayaan para donatur maupun calon donatur menitipkan dana ZIS kepada UPZ Baznas Petrokimia Gresik

"Semakin meningkat kepercayaan publik, maka dana ZIS yang terkumpul semakin besar pula, sehingga manfaat dan jangkauan yang diberikan juga semakin besar lagi," tegas Yusuf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement