Ahad 30 Oct 2022 04:48 WIB

Gol Injury Time Lewandowski Bawa Barca Raih Kemenangan di Markas Valencia

Barcelona menggeser Real Madrid di puncak klasemen sementara Liga Spanyol.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Barcelona Robert Lewandowski berselebrasi usai merayakan gol.
Foto: EPA-EFE/Enric Fontcuberta
Penyerang Barcelona Robert Lewandowski berselebrasi usai merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Barcelona harus menunggu hingga menit ke-93 untuk bisa mencetak gol ke gawang Valencia pada jornada ke-12 La Liga Spanyol, Ahad (30/10/2022) dini hari WIB. Kebuntuan Blaugrana dalam laga di Stadion Mestalla itu dipecahkan Robert Lewandowski, yang sekaligus menjadi satu-satunya gol di laga tersebut.

Kemenangan di markas Los Che itu pun membawa Blaugrana menggeser Real Madrid di puncak klasemen sementara. Tim besutan Xavi Hernandez itu menyamai raihan poin Los Blancos, yang telah mengumpulkan 31 poin dari 11 laga.

Baca Juga

Namun, Los Blancos masih memiliki kesempatan mengambil alih posisi teratas klasemen sementara apabila mampu memetik poin sempurna pada jornada ke-12 lainnya. Real Madrid dijadwalkan menjamu Girona di Stadion Santiago Bernabeu, Ahad (30/10) malam WIB.

Terlepas dari kondisi tersebut, kemenangan ini memiliki arti penting buat Blaugrana. Robert Lewandowski dan kawan-kawan terbukti mampu bangkit setelah dipermalukan Bayern Muenchen, 0-3, di pentas Liga Champions, tengah pekan ini. Kekalahan yang kian menegaskan kegagalan Blaugrana melangkah ke babak 16 besar.

Kendati begitu, kemenangan atas Los Che ini tidak diraih Blaugrana dengan mudah. Tim tuan rumah mampu tampil begitu solid dan disiplin dalam meredam setiap serangan klub asal Katalan tersebut. Dari tujuh tembakan yang dlepaskan Blaugrana pada sepanjang babak pertama, hanya satu yang tepat mengarah ke gawang.

Tim besutan Gennaro Gattuso itu pun cenderung untuk tampil bertahan sembari mengandalkan serangan balik cepat. Skema ini sempat membuat Blaugrana kerepotan.

Namun, kedua tim akhirnya mengakhiri babak pertama dengan skor imbang, tanpa gol. Kondisi tidak jauh berbeda terjadi pada babak kedua.

Barcelona terus mengepung pertahanan Los Che. Selain performa solid lini belakang Valencia, Blaugrana juga kesulitan untuk bisa menemukan cara yang efektif dalam menyelesaikan serangan.

Dari enam sepakan yang dilepaskan Barcelona pada sepanjang babak kedua, hanya satu tembakan yang tepat mengarah ke gawang. Kebuntuan itu akhirnya pecah saat masa injury time babak kedua memasuki menit ketiga.

Lewandowski, yang mampu lolos dari penjagaan lini belakang Valencia, mampu memanfaatkan umpan dari Raphinha, yang tampil sebagai pemain pengganti di laga ini, dari sisi kanan pertahanan Valencia.

Penyerang asal Polandia itu menyambar bola dari dalam kotak penalti dan mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang tim tuan rumah. Dengan waktu yang tersisa tinggal tiga menit, Valencia tidak mampu membalas gol Lewandowski tersebut. Gol ke-13 eks penyerang Bayern Muenchen di pentas La Liga musim ini tersebut akhirnya sudah cukup membawa Blaugrana pulang dengan tiga poin.

Susunan pemain:

Valencia (4-3-3)

Pelatih: Gennaro Gattuso

Kiper: Mamardashvilli

Belakang: Correia, Paulista, Comert, Gaya

Tengah: Foulquier, Guillamo, Almeida

Depan: Kluivert, Cavani, Lino

Barcelona (4-3-3)

Pelatih: Xavi Hernandez

Kiper: Ter Stegen

Belakang: Alba, Garcia, Kounde, Balde

Tengah: Pedri, Buquets, De Jong

Depan: Fati, Lewandowski, Dembele.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement