Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

Liverpool Dipermalukan Leeds United 1-2 di Anfield

Ahad 30 Oct 2022 04:07 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Liverpool menjamu Leeds United di Stadion Anfield pada lanjutan Liga Inggris, Ahad (30/10/2022) dini hari WIB. Liverpool dipermalukan tamunya di laga itu dengan skor 1-2.

Liverpool menjamu Leeds United di Stadion Anfield pada lanjutan Liga Inggris, Ahad (30/10/2022) dini hari WIB. Liverpool dipermalukan tamunya di laga itu dengan skor 1-2.

Foto: Republika
Kali pertama pada musim ini, Liverpool menelan dua kekalahan secara beruntun.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool terbukti belum bisa kembali ke jalur kemenangan di pentas Liga Primer Inggris. Setelah dibekuk Nottingham Forest, 0-1, akhir pekan lalu, the Reds dipaksa mengakui keunggulan Leeds United, 2-1, pada pekan ke-14 Liga Primer Inggris, Ahad (30/10/2022) dini hari WIB.

Sempat mampu membalas lewat gol Mohamed Salah usai tertinggal pada menit keempat laga, Liverpool justru harus puas mengakhiri laga di Stadion Anfield ini dengan kekalahan.

Baca Juga

Crysencio Summerville pada menit ke-89 mengakhiri asa the Reds untuk bisa bangkit di pentas Liga Primer Inggris. Untuk pertama kalinya pada musim ini, tim besutan Juergen Klopp itu menelan dua kekalahan secara beruntun di pentas Liga Primer Inggris.

Tidak hanya itu, kekalahan dari penghuni posisi ke-19 klasemen sementara Liga Primer Inggris itu juga menjadi kekalahan kandang perdana Liverpool pada musim ini. Kegagalan memetik poin di laga ini membuat the Reds tertahan di peringkat kesembilan klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Runner-up Liga Primer Inggris musim lalu itu tercatat hanya mampu meraih empat kemenangan, empat hasil imbang, dan empat kekalahan dari 12 laga.

Jalannya Pertandingan

Berusaha cetak gol cepat dan langsung tancap gas dalam melancarkan serangan, Liverpool justru dikejutkan dengan gol yang mampu ditorehkan tim tamu. Saat laga baru berjalan empat menit, the Whites sudah mampu unggul.

Kesalahpahaman antara Joe Gomez dan kiper Allison Becker berujung pada robeknya gawang the Reds. Allison tidak menyangka Gomez bakal memberikan back-pass.

Penjaga gawang asal Brasil itu terpeleset saat berusaha mengejar bola. Dengan mudah, Rodrigo mengambil alih kendali bola dan melepaskan sepakan ke arah gawang yang sudah kosong.

Kendati begitu, the Reds sudah mampu membalas 10 menit kemudian. Adalah Mohamed Salah yang mampu mencatatkan namanya di papan skor. Penyerang asal Mesir itu menyambar umpan lambung dari Andrew Robertson dari sisi kiri pertahanan the Whites.

Pada sisa babak pertama, tim tamu terbukti mampu mengimbangi permainan the Reds. Bahkan, Leeds United justru lebih unggul dalam upaya mencetak gol.

Total, sembilan tembakan dilepaskan para penggawa the Whites, termasuk tiga tembakan tepat ke arah gawang. Di sisi lain, the Reds hanya bisa melepaskan enam tembakan kendati unggul penguasaan bola hingga mencapai 69 persen. Skor imbang, 1-1, pun bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, performa the Reds terlihat jauh lebih baik dalam hal variasi serangan. Berbagai peluang mampu didapatkan oleh barisan lini serang the Reds, mulai dari sepakan Darwin Nunez pada menit ke-67 hingga tandukan Roberto Firmino pada 10 menit akhir laga.

Namun, semua peluang tersebut berhasil dimentahkan oleh penjaga gawang Leeds United, Illan Meslier. Penjaga gawang asal Prancis itu memang tampil begitu impresif pada laga ini. Pada babak kedua, penjaga gawang asal Prancis itu tercatat telah melakukan tujuh penyelamatan.

Petaka datang buat tim tuan rumah pada menit ke-89. Sebuah serangan yang dibangun Leeds United dari sisi kanan pertahanan Liverpool berbuah maksimal. Patrich Bamford berhasil menerimpa umpan dari Wilfried Gnonto, yang merangsek dari sisi lapangan.

Bamford kemudian mengirimkan bola ke Crysencio Summerville, yang sudah berada dalam kotak penalti. Dalam dua gerakan, Summerville langsung melepaskan sepakan tanpa bisa diduga Allison. Bola pun bersarang di pojok bawah gawang the Reds. Gol ini sekaligus memastikan kemenangan the Whites di Stadion Anfield.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA