Sabtu 29 Oct 2022 19:12 WIB

7 Tim Pusri Raih Prestasi pada Ajang IQPC 2022

Tim dari Pusri mampu bersaing dengan tim lainnya yang berasal dari 10 negara. 

Tim Pusri meraih 7 penghargaan IQPC 2022 dengan mengalahkan tim lainnya yang berasal dari 10 (sepuluh) negara seperti Thailand, Malaysia, Singapore, Fuji, Sri Lanka, Phillipine, Rusia, dan Amerika Serikat.
Foto: Istimewa
Tim Pusri meraih 7 penghargaan IQPC 2022 dengan mengalahkan tim lainnya yang berasal dari 10 (sepuluh) negara seperti Thailand, Malaysia, Singapore, Fuji, Sri Lanka, Phillipine, Rusia, dan Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI –  Pada ajang International Quality Productivity Convention (IQPC) 2022 yang dilaksanakan di Bali pada 24-27 Oktober 2022, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil borong 6 (enam) penghargaan tertinggi pada ajang ini yaitu Excellent dan 1 (satu) tim mendapatkan penghargaan Outstanding.

Acara yang diselenggarakan oleh Indonesian Quality and Productivity Management Association (IQPMA) atau Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktivitas Indonesia serta Wahana Kendali Mutu (WKM), dan didukung oleh Kementerian Perindustrian, Asian Productivity Organization (APO) serta Asia Pacific Quality Organization (APQO) ini, telah dilaksanakan sejak Tahun 2012 dan diikuti oleh berbagai jenis usaha dan industri.

Keikutsertaan Pusri dalam ajang IQPC ini merupakan langkah penting mewujudkan visi perusahaan Menjadi Perusahaan Agroindustri Unggul di Asia. Dimana, Pusri bisa mengukur kematangan penerapan inovasi terkait penciptaan produk dan proses dalam memenuhi kebutuhan pelanggan & stakeholder lainnya.

Tujuh tim beserta inovasi yang mengikuti kompetisi ini yaitu : 1). GKM Ngemil Risol judul 'Implementasi Learning Experience & Achievement Program (LEAP)' penghargaaan Excellent; 2). GKM Daspro  judul 'Aplikasi DashPro berbasis mobile sebagai sarana penyediaan data parameter produksi' penghargaan Excellent.

3). PKM Langit Biru  judul 'Sensor Maya Ammonia' penghargaan Excellent; 4). GKM IPD judul 'Penerapan industri 4.0 dengan menggunakan IPD (interactive process display) sebagai media broadcast data di pabrik Pusri-IB' penghargaan Excellent.

5). GKM Buncob 'Inovasi Pupuk NPK Khusus Kopi sebagai Upaya Peningkatan Peluang Pasar Pupuk NPK Pusri' penghargaan, Excellent; 6). GKM Modify 'Pembuatan Alat Bantu Bubut Kontur Radius Presisi pada Mesin Bubut Konvensional' penghargaan Excellent; dan 7). GKM Logic 'Mencegah Unscheduled Shutdown yang disebabkan oleh Control Valve Flowserve dengan Memodifikasi Internal Regulator Positioner Flowserve' penghargaan Outstanding.

Sebelumnya, tim dari Pusri telah mengikuti babak penjurian dengan menampilkan inovasi yang diciptakan dan pengaruhnya terhadap mutu serta produktivitas atau kinerja perusahaan. 

“Tim dari Pusri bersaing dengan tim lainnya yang berasal dari 10 (sepuluh) negara seperti Thailand, Malaysia, Singapore, Fuji, Sri Lanka, Phillipine, Russia dan Amerika Serikat," kata VP Humas, Soerjo Hartono, dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (29/10/2022).

"Hal ini merupakan prestasi dan kesempatan bagi insan Pusri untuk berpartisipasi dan menunjukkan karya inovasinya serta diharapkan dapat bersaing kembali diajang internasional berikutnya,” katanya lagi. 

Melalui penghargaan ini, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan semangat seluruh insan Pusri untuk terus berinovasi bagi perusahaan. Sehingga, nantinya diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan citra Pusri di kancah nasional bahkan internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement