Jumat 28 Oct 2022 20:48 WIB

BPIP Angkat Ratusan Purnapaskibraka 2021 menjadi Duta Pancasila di NTB dan Lampung

Purnapaskibraka Duta Pancasila diharapkan mengukir prestasi dan benteng Pancasila

Badan Pembinaan Ideologi  Pancasila (BPIP) mengangkat ratusan Purnapaskibraka Duta Pancasila di sejumlah Daerah salah satunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Lampung, Kamis, (27/10/2022).
Foto: istimewa
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengangkat ratusan Purnapaskibraka Duta Pancasila di sejumlah Daerah salah satunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Lampung, Kamis, (27/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,NTB--Badan Pembinaan Ideologi  Pancasila (BPIP) mengangkat ratusan Purnapaskibraka Duta Pancasila di sejumlah Daerah salah satunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Lampung, Kamis, (27/10/2022).

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr. Rima Agristina, SH., SE., MM mengatakan pengangkatan tersebut menyusul  pengangkatan Duta Pancasila di seluruh Indonesia yang sudah dilaksanakan di 24 Provinsi lainnya.

Baca Juga

Pelaksanaan pengangkatan Purnapaskibraka Duta Pancasila didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 Tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Peraturan BPIP Nomor 3 tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres Nomor 51 yang menggantikan Perpres Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Perban Nomor 1 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres Nomor 13 Tahun 2021 yang sudah dicabut.

Lebih jauh Rima menjelaskan bahwa Purnapaskibraka Duta Pancasila harus  memegang teguh konsensus yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. "Adik-adik juga harus menjadi teladan dalam mengarusutamakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terutama di kalangan generasi muda", paparnya saat membuka acara di Provinsi NTB.

Purnapaskibraka Duta Pancasila diharapkan dapat mengukir prestasi dan menjadi benteng Ideologi Pancasila. "Jadilah pewaris dan pemimpin Indonesia masa depan, jangan pernah ragu menjaga Pancasila, jagalah sang saka merah putih tetap berkibar di seluruh pelosok Indonesia", demikian disampaikan Rima sebagai penutup kata pengantar pengangkatan.

Dalam Kesempatan yang sama Sekretaris Daerah NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si mengapresiasi kepada BPIP yang telah mengangkat Purnapaskibraka 2021 Provinsi NTB menjadi Duta Pancasila. 

Gita mengatakan bahwa  tugas Purnapaskibraka Duta Pancasila saat ini semakin berat."Menjadi Duta Pancasila ini  adik-adik jangan main-main, kalian diibaratkan seperti "manusia setengah dewa" yang tidak boleh salah", tegas Gita.

Selanjutnya, Ia berharap agar Purnapaskibraka Duta Pancasila  NTB dapat menjadi garda terdepan dalam mengarusutamakan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Salah satu anggota Duta Pancasila Purna Paskibraka NTB Hana Novita Fitri mengaku siap dan akan berkomitmen dalam mengarusutamakan Pancasila di lingkungan masyarakat terutama di lingkungan keluarga dan sekolah.

Ia juga berterimakasih kepada BPIP dan Pemerintah Daerah NTB yang telah mengangatnya sebagai Duta Pancasila bersama 150 Purnapaskibraka lainnya di NTB."Ia kami tau ini tugas berat kami, tetapi kami akan berupaya terus dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, karena Pancasila adalah ideologi negara", ujarnya.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan bersamaan di Kota Lampung. Sebanyak sembilan Purnapaskibraka Duta Pancasila disematkan Pin dan Piagam penghargaan ssbagai Purnapaskibra Duta Pancasila. Direktur Pengendalian Mukhammad Fahrurozi, S.Sos, M.Si. dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kesbangpol Provinsi Lampung sudah mau ikut berpartisipasi untuk melantik Purna Paskibraka sebagai Duta Pancasila.

"Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak Kesbangpol dalam sambutannya kepada BPIP dan juga kepada Purna Paskibraka sebagai Duta Pancasila di Provinsi Lampung agar menjadi contoh kepada masyarakat sekitarnya." Ucapnya

Fahrurozi juga berharap agar Purnapaskibraka yang dilantik sebagai Duta Pancasila bisa membawa nama baik bangsa dan dapat menjadi teladan bagi nusa dan bangsa serta mampu membawa harum nama bangsa sebagai Duta Pancasila Provinsi Lampung.

"Saya berharap adek-adek bisa membawa nama bangsa karna masa depan adek adek semua dapat dikatakan masih panjang serta cita-cita yang ingin dicapai bisa terwujud," kata lulusan UI tersebut.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Lampung Drs. M. Firsada, M.Si mengatakan menjadi duta Pancasila bukanlah tugas berat yang harus diemban Purna Paskibraka Duta Pancasila. Menurutnya, menjadi Duta Pancasila merupakan tugas mulia dan bertanggung jawab dengan lingkungan sekitar agar menjadi teladan yang baik.

Paham radikal yang sudah masuk ke Indonesia diharapkan bisa dicegah sejak dini setelah adanya Duta Pancasila."Paham radikalisme saat ini menyasar keanak muda seperti adik-adik saat ini, oleh karena itu adik-adik semua bisa melihat paham paham yang bertentangan dengan agama, merusak kesatuan NKRI harus dilawan," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement