Jumat 28 Oct 2022 19:56 WIB

Laba Samsung Electronics Turun 31,39 Persen, Permintaan Produk Konsumen Lemah

Laba Samsung Electronics turun 31,39 persen di kuartal ketiga.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Laba Samsung Electronics turun 31,39 persen di kuartal ketiga.
Foto: Ubergizmo
Laba Samsung Electronics turun 31,39 persen di kuartal ketiga.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Raksasa teknologi Korea Selatan Samsung Electronics pada Kamis (27/10/2022) mengatakan laba operasi kuartal ketiganya turun 31,39 persen tahun-ke-tahun setelah penurunan ekonomi global memukul permintaan untuk elektronik konsumen. Penghasilan di divisi chip memori turun, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa permintaan untuk produk konsumen tetap lemah.

Laba operasional untuk Juli hingga September 2022 turun menjadi 10 triliun won (7 miliar dolar Amerika Serikat), turun dari 15,8 triliun won untuk periode yang sama tahun lalu, kata perusahaan. Dilansir dari Japan Today, Jumat (28/10/2022), hasilnya adalah penurunan laba tahun ke tahun pertama dalam hampir tiga tahun bagi Samsung Electronics, pembuat smartphone terbesar di dunia. Namun perusahaan mengatakan telah melihat peningkatan penjualan, yang naik 3,79 persen dari periode yang sama tahun lalu menjadi 76 triliun won.

Baca Juga

Pembuat chip memori terbesar di dunia adalah anak perusahaan unggulan dari grup raksasa Samsung, sejauh ini merupakan kerajaan terbesar yang dikendalikan keluarga yang dikenal sebagai chaebol yang mendominasi bisnis di Korea Selatan, ekonomi terbesar keempat di Asia.

Konglomerat sangat penting bagi kesehatan ekonomi negara - omset keseluruhannya setara dengan seperlima dari produk domestik bruto nasional. Hingga kuartal kedua tahun ini, Samsung, bersama dengan perusahaan teknologi lainnya, diuntungkan secara signifikan dari permintaan yang kuat untuk perangkat elektroni—serta chip yang mendukungnya—selama pandemi.

Tetapi ekonomi global sekarang menghadapi banyak tantangan, termasuk inflasi yang melonjak, kenaikan suku bunga, dan meningkatnya ancaman krisis utang yang meluas. Situasi ini diperburuk oleh invasi Rusia ke Ukraina- yang telah mendorong lonjakan harga energi dan mendorong harga pangan global baik-bersama dengan kepatuhan China terhadap kebijakan nol-Covid yang ketat.

“Pada tahun 2023, permintaan diperkirakan akan pulih sampai batas tertentu, tetapi ketidakpastian makroekonomi kemungkinan akan tetap ada,” kata Samsung Electronics.

“Dalam Bisnis Memori, setelah paruh pertama yang melemah, permintaan diperkirakan akan pulih dengan berpusat pada server saat instalasi pusat data dilanjutkan,” tambahnya.

Analis Park Sung-soon dari Cape Investment & Securities mengatakan kepada AFP bahwa dia tidak memperkirakan permintaan konsumen untuk produk teknologi akan pulih hingga paruh kedua tahun 2023.

“Jadi fokus Samsung akan menyesuaikan pasokannya daripada mengandalkan pemulihan permintaan dalam waktu dekat,” katanya.

Samsung juga mengatakan telah diuntungkan dari kekuatan dolar Amerika Serikat (AS) terhadap won Korea, “menghasilkan sekitar 1,0 triliun won keuntungan operasional perusahaan secara keseluruhan dibandingkan kuartal sebelumnya.” Sebagian besar microchip tercanggih di dunia dibuat oleh hanya dua perusahaan--Samsung dan TSMC Taiwan, keduanya berjalan dengan kapasitas penuh untuk mengatasi kekurangan global.

Pasokan chip memori telah menjadi isu penting geopolitik global baru-baru ini, dengan pemerintah terkemuka berebut untuk mengamankan pasokan. Itu ditunjukkan pada Mei ketika Presiden AS Joe Biden memulai tur Korea Selatan dengan mengunjungi pabrik chip Pyeongtaek Samsung yang luas.

Invasi Rusia ke Ukraina telah “lebih menyoroti kebutuhan untuk mengamankan rantai pasokan kritis kami”,” kata Biden di pabrik, menggarisbawahi pentingnya memperkuat kemitraan teknologi di antara “mitra dekat yang berbagi nilai-nilai kami”.

Samsung mempekerjakan sekitar 20.000 orang di Amerika Serikat dan pekerjaan sedang dilakukan untuk membangun pabrik semikonduktor baru di Texas, yang dijadwalkan akan dibuka pada 2024. AS juga baru-baru ini memperkenalkan langkah-langkah baru untuk membatasi akses China ke semikonduktor kelas atas dengan penggunaan militer, sebuah langkah yang telah menghapus miliaran dari penilaian perusahaan chip di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement