Jumat 28 Oct 2022 12:38 WIB

Pakar: Kecelakaan Hingga Kawin Dini Penyebab Kematian Pemuda Dunia

WHO mencatat hampir 5.000 ribu pemuda meninggal dunia setiap harinya

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi anak muda. WHO mencatat hampir 5.000 ribu pemuda meninggal dunia setiap harinya.
Foto: parade.com
Ilustrasi anak muda. WHO mencatat hampir 5.000 ribu pemuda meninggal dunia setiap harinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terjadinya kecelakaan hingga perkawinan dini pada anak menjadi dua dari empat penyebab utama terjadinya kematian pada pemuda di dunia. Data ini diungkapkan pakar kesehatan yang juga Direktur Pascasarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama.

"Perlu pula diketahui jika di dunia dalam setahunnya ada 41 kelahiran per 1.000 anak perempuan usia 15-19 tahun," katanyadalam keterangan di Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga

Ia mengemukakan berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 10 Agustus 2022 dalam rangka memperingati International Youth Day 2022, lebih dari 1,5 juta pemuda di seluruh dunia meninggal dalam setahun. Artinya, hampir 5.000 ribu pemuda meninggal dunia setiap harinya.

Penyebab kematiannya pun bermacam-macam. Empat penyebab kematian utamanya adalah kecelakaan, yang termasuk disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas maupun tenggelam, dan terlibat dalam kekerasan fisik seperti perkelahian.

Hal lain yang menjadi penyebab kematian pemuda di dunia adalah tingginya angka menyakiti dirinya sendiri atau self harm. Penyebab terakhir adalah terkena gangguan maternal yang dapat dipastikan berkaitan erat dengan terjadinya perkawinan di usia muda.

WHO telah memberikan beberapa definisi remaja yang dibagi ke dalam tiga kategori usia, yakni pemuda dengan usia 10-19 tahun masuk dalam kategori remaja atau adolescents. Kemudian usia 15-24 tergabung dalam kategori youth dan young people yaitu usia pemuda 10-24 tahun.

"Jadi, mungkin kita dapat katakan bahwa pemuda adalah penduduk dengan usia antara 10-24 tahun ini," kata mantan dirjen pengendalian penyakit serta mantan kabalitbangkes Kemenkes itu.

Ia menekankan permasalahan kesehatan pemuda harus dianggap sebagai permasalahan serius karena sangat bergantung pada pembangunan bangsa dan kualitas generasi penerus masa depan. Sebab, separuh dari gangguan mental pada orang dewasa sudah bermula pada usia sekitar 14 tahun. Namun keadaan ini tidak diketahui karena tidak terdeteksi dan tidak mendapatkan penanganan sejak dini.

"Sehingga di usia dewasanya muncullah berbagai manifestasi gangguan mental ini dalam berbagai bentuknya, termasuk berbagai perilaku sosial tidak sehat di masyarakat," kata mantan direktur penyakit menular WHO Asia Tenggara itu.

Tjandra menyarankan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mempublikasikan data terkait kondisi terkini dari pemuda di Indonesia demi meningkatkan rasa kepedulian sesama terhadap kondisi remaja di Hari Sumpah Pemuda ini. "Oleh karenanya, akan baik kalau Kementerian Kesehatan pada hari Peringatan Sumpah Pemuda ini juga mempublikasikan data-data kesehatan para pemuda kita, para penerus perjuangan bangsa kita," ujar Tjandra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement