Kamis 27 Oct 2022 23:23 WIB

Rep: M Nursyamsi/ Red: Sadly Rachman

Cinta Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika menggelar acara Anugerah Cinta Indonesia (ACI) 2022 yang dilaksanakan di Hotel Four Seasons, Jakarta Selatan pada Kamis (27/10/2022). Acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat, seperti Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury dan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto.

ACI diselenggarakan seiring berjalannya upaya pemerintah yang menargetkan nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) rata-rata 43,3 persen pada 2020 dan naik menjadi 50 persen pada 2024, seperti tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2020-2024.

Demi terserapnya produk lokal, pemerintah mengeluarkan regulasi untuk optimalisasi penggunaan barang dengan standar TKDN, yang tertuang dalam UU Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian dan PP Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.
Program penggunaan produk dalam negeri wajib didukung berbagai instansi pemerintah, seperti kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, BUMN, serta BUMD yang melakukan pengadaan barang dan jasa melalui pembiayaan APBN, APBD, ataupun hibah.

Berikut video Filler yang mengangkat tema bambu sebagai simbol salah satu jenis tanaman yang banyak digunakan sebagai komponen utama dalam memproduksi karya atau berbagai jenis barang yang bermanfaat dan bernilai.

 

 

Videografer/Muhammad Rizki & Surya Dinata

Drone Footage/Wisnu Aji Prasetiyo

Video Editor/Sadly Rachman