Kamis 27 Oct 2022 19:37 WIB

Setelah 10 Tahun Bersama, Kevin Yonas Pamit dari Satria Muda

Kevin Yonas pulang kampung ke Kuala Kapuas dan menjalankan usaha keluarga.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kevin Yonas Argadiba Sitorus (kiri) ketika beraksi membela Satria Muda Pertamina di kompetisi IBL. Kevin memutuskan pensiun dari bola basket profesional.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kevin Yonas Argadiba Sitorus (kiri) ketika beraksi membela Satria Muda Pertamina di kompetisi IBL. Kevin memutuskan pensiun dari bola basket profesional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kevin Yonas Argadiba Sitorus resmi mengumumkan keputusannya berhenti dari bola basket profesional Kamis (27/10/2022). Pemain yang telah bergabung selama 10 tahun bersama Satria Muda Pertamina ini memastikan tidak akan melanjutkan kontrak bersama Satria Muda atau bergabung dengan tim kontestan IBL lainnya. 

Meski terbilang muda dan masih berada dalam usia emas, Kevin sudah bulat dengan keputusannya untuk berhenti. "Keputusan ini sudah ditimbang matang-matang, saya dan keluarga merasa sekarang adalah saat yang tepat untuk undur diri dari basket," ujar pria asal Kuala Kapuas ini dalam keterangan resmi Satria Muda. 

Baca Juga

Setelah ini, Kevin berencana untuk kembali ke tanah kelahirannya di Kalimantan Tengah dan memulai usaha. "Masa pandemi kemarin jadi periode percobaan bagi saya untuk kerja dan memulai usaha sendiri, kini saya akan fokus untuk terlibat lebih jauh dan membantu memajukan usaha keluarga di rumah," ujar Kevin. 

Meski terbilang mengejutkan, sebenarnya hal ini sudah menjadi pertimbangan Kevin sejak jauh-jauh hari. "Saya sudah memikirkan tentang tahap selanjutnya setelah basket sejak tahun 2019, diskusi bersama orang tua. Masa break saat pandemi tahun 2020 kemarin memberikan saya kesempatan untuk mendalami lika-liku usaha keluarga ketika harus berada di rumah selama enam bulan, dan ternyata saya menyukai dinamikanya." 

"Setelah final di Bandung kemarin, keputusan saya bulat untuk berhenti bersamaan dengan kontrak saya yang habis masa berlakunya," kata pemakai nomor 30 ini.

Setelah IBL Gojek 3x3 di Bintaro awal bulan Oktober lalu, Kevin praktis mengakhiri aktivitasnya dengan tim Satria Muda. Waktunya difokuskan untuk mempersiapkan kepindahan kembali ke Kuala Kapuas. 

"Banyak sekali yang harus dikerjakan, memilah barang, mengemas, mengirim, hingga mengurus berkas-berkas administrasi kendaraan sebelum pindah," kata Kevin. 

Kevin merupakan pemain yang direkrut pada semester kedua tahun 2012 ketika masih berusia 18 tahun. Bermain di liga sejak usia belia semakin menegaskan posisi Kevin sebagai talenta muda yang menjanjikan. Bersama Avan Seputra, ia juga tergabung dalam tim nasional Indonesia U-18 pada medio 2012. 

Selain itu Kevin juga menjadi bagian tim nasional Indonesia ketika meraih prestasi dalam ASEAN University Games dan juga SEA Games Kuala Lumpur 2017. Ditambah empat gelar juara liga yang ia kantongi bersama Satria Muda Pertamina, Kevin merasa inilah waktu yang tepat untuk melanjutkan hidupnya ke petulangan yang lain. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement