Rabu 26 Oct 2022 18:07 WIB

Pemprov Kalsel Tahun Ini Dapat Turunkan Angka Stunting

Pemprov Kalsel optimistis angka stunting dapat turun di tahun 2022.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menaruh harapan besar kepada para santri atau muda-mudi di Kalsel untuk menjaga ketercukupan gizi.
Foto: Pemprov Kalsel
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menaruh harapan besar kepada para santri atau muda-mudi di Kalsel untuk menjaga ketercukupan gizi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menaruh harapan besar kepada para santri atau muda-mudi di Kalsel untuk menjaga ketercukupan gizi. Selain berpengaruh terhadap kecerdasan produktivitas kerja sumber daya manusia, juga sebagai upaya intervensi permasalahan gizi atau stunting yang diharapkan tidak berdampak hingga dewasa.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Diauddin dalam laporannya memaparkan Gernas Aksi Bergizi dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Diauddin menyampaikan pada 2021 survei menunjukkan angka stunting di Kalsel mencapai 30%. 

Baca Juga

Namun, dirinya optimistis angka ini dapat turun di tahun 2022. “Angka stunting di Kalsel lumayan tinggi, 30% berdasarkan survei tahun 2021. Akan tetapi, kita optimistis di tahun 2022 angka itu akan turun,” ujarnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini, menurutnya, selain dalam rangka upaya penanggulangan stunting juga sekaligus untuk memasyarakatkan gerakan hidup sehat dan bersih. Kegiatan yang diikuti santri dan santriwati ini diawali dengan senam pagi yang dilanjutkan sarapan bergizi.

Kemudian, dilaksanakan juga konsumsi tablet tambah darah bagi para siswi dan santriwati secara serentak seluruh Indonesia, yang disaksikan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Agenda ini juga tercatat di Museum Rekor Indonesia.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan serentak secara nasional seluruh Indonesia. Di Kalsel juga dilaksanakan serentak di 13 kabupaten/kota dan diikuti oleh 636 sekolah SMP/SMA sederajat, yang dipusatkan di Ponpes Hidayatullah 'Taman Hudaya' dengan jumlah peserta kurang lebih 850 orang,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement