Rabu 26 Oct 2022 18:39 WIB

Guardiola: Kegagalan Penalti Telah Menjadi Masalah Bagi City

Man City diberikan kesempatan sempurna untuk membuka skor

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola menyentuh dahinya sebelum pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Wolverhampton Wanderers dan Manchester City di stadion Molineux di Wolverhampton, Inggris, Sabtu, 17 September 2022.
Foto: AP/Rui Vieira
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola menyentuh dahinya sebelum pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Wolverhampton Wanderers dan Manchester City di stadion Molineux di Wolverhampton, Inggris, Sabtu, 17 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Manajer Manchester City Pep Guardiola mengakui bahwa kegagalan penalti yang dilakukan Riyad Mahrez adalah sebuah masalah. Akhirnya laga melawan Borussia Dortmund berakhir imbang tanpa gol dalam laga Rabu (26/10/2022) dinihari WIB.

Kedua tim berjuang untuk memecah satu sama lain, The Citizens diberikan kesempatan sempurna untuk membuka skor ketika pemain Dortmund Emre Can menjatuhkan Mahrez di dalam kotak penalti tepat sebelum waktu satu jam.

Dengan Erling Braut Haaland ditarik keluar pada babak pertama karena "demam", Mahrez diizinkan untuk menempatkan bola di titik penalti meskipun gagal mengeksekusi penalti dalam hasil imbang tanpa gol City melawan Kopenhagen dua pekan lalu. Tetapi pemain sayap Aljazair melihat usahanya dengan nyaman diselamatkan  oleh kiper BVB Gregor Kobel.

Mahrez kini telah gagal mengeksekusi empat penalti untuk The Citizens sejak pergantian tahun dan gagal mengonversi 10 dari 32 tendangan penaltinya dalam karir profesionalnya.

Memang, City telah berjuang dengan penalti di bawah asuhan Guardiola, kehilangan 25 kali di semua kompetisi sejak kedatangan pelatih Spanyol itu, paling banyak daripada klub Liga Premier lainnya selama periode ini.

Guardiola memuji mereka yang memiliki "keberanian" untuk mengambil penalti selama waktunya di klub, tetapi dia percaya perbaikan perlu dilakukan jika mereka ingin menjadi yang teratas di momen-momen besar, terutama ketika margin tipis sering menentukan.  hasil pertandingan penting selama tahap akhir kompetisi besar.

Ditanya oleh BT Sport apakah Mahrez akan dipertimbangkan untuk mengambil penalti lagi untuk City, Guardiola mengatakan: "Kita lihat saja. Tentu saja itu masalah.

“Sejak saya di sini, kami telah gagal dalam 25 penalti – itu terlalu banyak. Anda harus selalu mengagumi keberanian, tetapi melewatkan begitu banyak penalti adalah masalah," jelasnya.

“Kami gagal di Kopenhagen, sekarang di sini. Kami harus berkembang. Itu tergantung pada margin yang bagus dalam kompetisi ini dan situasi ini dapat membuat perbedaan," ungkapnya.

“Saya mengagumi keberanian [Mahrez]. Musim lalu Riyad mencetak banyak gol di momen-momen besar, di sini (melawan Dortmund) di semifinal adalah penting. Jika dia merasakannya lain kali, dia akan mengambilnya, tapi tentu saja dia harus melakukannya dengan  memperbaikinya." imbuhnya.

Meski menuai hasil seri kedua berturut-turut di Liga Champions, Man City telah mengamankan posisi teratas di Grup G, sementara Dortmund akan bergabung dengan mereka di babak 16 besar sebagai runner-up.

Skuad Guardiola memiliki 73% penguasaan bola selama 90 menit, tetapi mereka frustrasi oleh Dortmund di Westfalen stadion dan kadang-kadang dikepung oleh pemain seperti Karim Adeyemi dan Youssoufa Moukoko, terutama di babak pertama.

"Kami bermain jauh lebih baik di babak kedua. Di babak pertama kami kebobolan beberapa bola dan kehilangan beberapa serangan balik," tambah Guardiola.

“Kami sedikit menderita karena permainan kami pada hari Sabtu sangat menuntut fisik. Kami sedikit lelah tetapi kami mencapai apa yang kami inginkan. Kami berada di puncak grup lagi dan di babak 16 besar," katanya.

"Dortmund tidak ingin menekan tinggi sehingga kami sedikit menyesuaikan tekanan kami. Di babak pertama kami memiliki masalah di sisi kiri. Tampaknya hasil imbang bagus untuk mereka dan juga untuk kami." pungkasnya.

Pertandingan terakhir Grup G City akan berlangsung di Stadion Etihad melawan Sevilla Rabu depan, tetapi mereka harus terlebih dahulu mengalihkan perhatian mereka ke perjalanan Liga Premier Sabtu ke Leicester City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement