Kamis 27 Oct 2022 01:51 WIB

Empat Sumber Protein Terbaik untuk Tubuh

Protein membantu menyusun dan mendukung sel dan membangun kekebalan tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Kacang almond. Empat Sumber Protein Terbaik untuk Tubuh
Foto: Flickr
Kacang almond. Empat Sumber Protein Terbaik untuk Tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak alasan mengapa seseorang harus menambahkan banyak makanan kaya protein ke dalam diet mereka. Dipahami bahwa protein membantu menyusun dan mendukung sel, membangun kekebalan dan berguna untuk sintesis hormon. Setelah dikonsumsi, protein dipecah menjadi asam amino, yang selanjutnya digunakan untuk proses metabolisme dalam tubuh.

Dilansir dari Indian Express pada Selasa (4/10/2022), protein berasal dari berbagai sumber kacang-kacangan seperti almond, daging, susu, ikan, kedelai, telur serta kacang-kacangan dan polong-polongan.

Baca Juga

Berikut empat sumber protein terbaik yang dibutuhkan tubuh.

1. Almond

Almond adalah sumber protein yang kaya dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Almond bisa dikonsumsi mentah, direndam dan juga bisa ditambahkan ke mangkuk salad. Mereka adalah pilihan yang mudah dan aman untuk protein saat bepergian.

 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan camilan harian 42 gram almond dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat secara keseluruhan dan meningkatkan beberapa faktor risiko penyakit jantung.

2. Tahu

Seperti makanan berbasis kedelai lainnya, tahu mengandung estrogen tanaman yang dapat membantu mengurangi faktor penyakit jantung koroner. Ini mengandung zat besi, kalsium dan 12 sampai 20 gram protein per porsi 3,5 ons (100 gram). Meskipun tahu tidak memiliki banyak rasa, tahu dengan mudah menyerap rasa dari bahan-bahan yang disiapkannya.

3. Biji Chia

Biji chia dikenal karena manfaat kesehatannya. Antioksidan, mineral, serat, protein dan asam lemak omega 3 dalam biji chia dapat meningkatkan kesehatan jantung, mendukung tulang yang kuat dan meningkatkan pengelolaan gula darah. Rasa biji chia yang ringan dan pedas membuatnya mudah ditambahkan ke makanan dan minuman.

Mereka paling sering ditaburkan pada sereal, saus, sayuran, hidangan nasi atau yogurt. Biji chia juga dapat dicampur dengan air dan dibuat menjadi gel.

photo
Biji chia. - (Pixabay)

4. Quinoa

Quinoa adalah tanaman biji-bijian, yang merupakan sumber yang baik dari sejumlah nutrisi penting, termasuk folat, magnesium, seng dan zat besi. Ini juga kaya serat dan protein, nutrisi yang memainkan peran penting dalam membantu Anda merasa kenyang. Menambahkan quinoa ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan pemeliharaan berat badan, kesehatan secara keseluruhan, melindungi terhadap penyakit tertentu dan meningkatkan kematian secara keseluruhan.

Ada juga pilihan lain seperti lentil, granola, keju cottage, buncis, selai kacang, edamame, daging sapi tanpa lemak, dan tuna kalengan. Menambahkan protein ke dalam makanan Anda harus dilakukan dengan hati-hati ketika Anda spesifik tentang asupan kalori Anda. Dalam skenario khusus kalori, almond cenderung adil terhadap kesehatan dan skala kalori Anda dengan membatasi rasa lapar Anda dan menambahkan banyak asupan protein Anda.

photo
Quinoa - (Wikimedia)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement