Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Chelsea Telah Temukan Direktur Teknik Anyar

Rabu 26 Oct 2022 11:31 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Para pemain Chelsea merayakan gol kedua timnya, yang dicetak oleh Kai Havertz pada pertandingan sepak bola grup E Liga Champions antara FC Salzburg dan Chelsea di stadion Salzburg di Salzburg, Austria, Selasa, 25 Oktober 2022.

Para pemain Chelsea merayakan gol kedua timnya, yang dicetak oleh Kai Havertz pada pertandingan sepak bola grup E Liga Champions antara FC Salzburg dan Chelsea di stadion Salzburg di Salzburg, Austria, Selasa, 25 Oktober 2022.

Foto: AP/Florian Schroetter
Stewart merupakan warga negara Inggris yang sempat berkiprah di banyak klub.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea diklaim telah mencapai kesepakatan dengan AS Monaco terkait kepindahan Laurence Stewart. Nantinya, Stewart akan dipercaya menjabat sebagai Direktur Teknik Chelsea, yang sempat diemban oleh eks kiper Chelsea, Petr Cech. 

Cech memutuskan meninggalkan posisi tersebut pada Juni 2022 silam menyusul akuisisi konsorsium bentukan pengusaha asal Amerika Serikat, Todd Boehly. Tepat sebulan sebelumnya, Boehly via Clearlake Capital mengambil alih kepemilikan The Blues dari pengusahan asal Roman Abramovich. 

Baca Juga

Selain Cech, Marina Granovskaia juga diketahui mengundurkan diri sebagai Direktur Eksekutif Chelsea usai kepindahan kepemilikan The Blues tersebut. Setidaknya sejak Juni 2022 silam, Boehly diketahui mengemban jabatan Direktur Tenik dan Direktur Eksekutif Chelsea. 

Namun, Chelsea sepertinya telah menemukan sosok anyar untuk bisa mengemban jabatan sebagai Direktur Teknik. Adalah Laurence Stewart, yang saat ini masih menjabag sebagai salah satu direktur AS Monaco, bakal merapat ke Chelsea. Baik Chelsea dan AS Monaco pun dikabarkan telah mencapai kesepakatan soal kepindahan Stewart tersebut. 

''Chelsea telah mencapai kesepakatan dengan AS Monaco untuk mengontrak direktur teknik mereka, Laurence Stewart. Perekrutan Stewart ini menjadi salah satu langkah awal Boehly dalam melakukan perubahan di jajaran direksi The Blues,'' tulis laporan The Athletic seperti dilansir Metro, Rabu (26/10/2022). 

Stewart merupakan warga negara Inggris yang sempat berkiprah di sejumlah klub di Eropa. Sebelumnya, Stewart pernah bergabung dengan Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Manchester City dalam staff analisa performa pemain. 

Kemudian, Stewart sempat menjabat sebagai kepala perekrutan pemain di RB Leipzig sebelum akhirnya bergabung bersama AS Monaco. Perekrutan Stewart ini dinilai sejalan dengan rencana besar Boehly untuk menjadikan Chelsea sebagai klub dengan jaringan klub yang lebih luas. 

Model yang diadopsi dari Manchester City usai mengakuisi sejumlah klub di kawasan Amerika Serikat, Jepang, Uruguay, Cina, dan Italia. Pun dengan model yang diterapkan klub-klub yang bernaung di bawah Red Bull, seperti RB Leipzig dan RB Salzburg. 

Selain Stewart, Chelsea juga dilaporkan tengah berupaya mendatangkan mantan Direktur Teknik RB Salzburg, Christopher Vivell. Tidak berhenti sampai disitu, Chelsea pun disebut-sebut tengah membidik Joe Shields, yang saat ini menjabag Direktur Rekrutmen Southampton, untuk merapat ke Stadion Stamford Bridge.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA