Rabu 26 Oct 2022 06:32 WIB

Atlet Parkour Matikan Lampu di Kota Paris

Pemadaman dilakukan dalam upaya untuk memerangi energi limbah.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Kevin Ha dan Dali Debabeche dari kolektif
Foto: AP Photo/Lewis Joly
Kevin Ha dan Dali Debabeche dari kolektif

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Hadj Benhalima mengukur bangunan di depannya kemudian berlari ke dinding, mendorong permukaannya dengan satu kaki, memutar di udara dan mengulurkan tangan untuk menjentikkan sakelar beberapa meter dari tanah. Sedetik kemudian, tanda yang mencolok dari toko penukaran mata uang menjadi gelap.

Pemadaman itu salah satu dari banyak lampu penanda depan toko yang dimatikan pada suatu malam pekan lalu dalam upaya untuk memerangi energi limbah. "Ada banyak jendela toko yang menyala di malam hari dan tanpa alasan yang jelas. Jadi karena saya bisa mematikannya, saya mencoba melakukannya sebanyak mungkin," kata Benhalima di sela-sela lompatannya.

Baca Juga

Para atlet muda yang aktif dalam olahraga parkour ini menjuluki operasi petualangan malam itu sebagai 'Lights Off'. Mereka mematikan sakelar yang ditempatkan secara teratur di luar gedung kota di Prancis untuk memungkinkan keadaan darurat dalam memutus aliran listrik jika terjadi kebakaran.

Mereka mengatakan, tindakan itu membantu menegakkan perintah Balai Kota Paris agar toko memadamkan semua tanda dan pajangan jendela di tengah malam. Polisi patroli menawarkan sedikit perlawanan.

Melewati lingkungan yang mewah di dekat Garnier Opera House dan Champs Elysees, Benhalima dan teman-temannya memilih tukang cukur, kafe, dan toko lokal. Butik-butik milik Rolex, Tiffany & Co, dan Swatch tidak memperlihatkan perbedaan.

"Kami menetapkan tantangan kecil untuk diri kami sendiri, seperti lari dinding 360 derajat sebelumnya dan lari dinding tinggi. Intinya adalah kinerja dan berpegang teguh pada DNA olahraga kami," kata insinyur berusia 30 tahun dan penggemar Parkour Kevin Ha.

Kegiatan bersama yang berbasis di Paris hanyalah salah satu dari beberapa grup Parkour yang telah bertindak melawan polusi cahaya dan penggunaan energi yang boros di kota-kota di seluruh Prancis selama dua tahun terakhir. Tindakan mereka telah menarik perhatian publik pada saat pemerintah mendesak rumah tangga dan bisnis untuk memotong konsumsi listrik menjelang krisis energi musim dingin di seluruh Eropa.

"Sangat indah untuk dilihat. Orang-orang memberi selamat kepada kami. Beberapa bahkan mencoba meniru kami," kata Umud Tekinalt yang terjun di industri digital. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement