Selasa 25 Oct 2022 21:08 WIB

Luncurkan Website Baru, Prodi Ilkom UMJ Gelar Kuliah Umum Internasional Aljazeera

Hadirnya website menjadi momentum sivitas akademika FISIP UMJ memasuki dunia digital

Tampak kuliah umum Inetrnasional yang menghadirkan Drew Ambrose sebagai produser Aljazeera yang dipandu Amin Shabana MSi, dosen Ilkom FISIP UMJ , Selasa (25/10/2022)
Foto: istimewa
Tampak kuliah umum Inetrnasional yang menghadirkan Drew Ambrose sebagai produser Aljazeera yang dipandu Amin Shabana MSi, dosen Ilkom FISIP UMJ , Selasa (25/10/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Berkembangnya bisnis digital saat ini telah mengakselerasi kemajuan bisnis modern. Tak terkecuali bagi lembaga pendidikan. Bagi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta, perkembangan teknologi digital sangat membantu dalam menjembatani kebutuhan informasi diantara sivitas akademika. 

Hal itu ditandai dengan diresmikannya website resmi ilkom.umj.ac.id yang menjadi momentum bagi sivitas akademika Ilmu Komunikasi FISIP UMJ untuk masuk ke ranah digital. Sekaligus sebagai bentuk komitmen untuk senantiasa menyajikan berbagai informasi akademik, layanan, publikasi jurnal, kerja sama internasional, profile dosen hingga update berita kampus secara berkala. "Website juga menjadi salah satu tools penting dalam membangun image dari suatu institusi, sehingga Prodi Ilkom FISIP UMJ memiliki concern untuk membangun website yang berkualitas," kata Kaprodi Ilmu Komunikasi, Dr Oktaviana Purnamasari M.I.Kom di sela peresmian website tersebut, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga

Wadek II FISIP UMJ, Djoni Gunanto S.IP, M.Si menyatakan di era modern saat ini keberadaan informasi kian strategis dalam membentuk opini global. Adanya sekelompok pemodal yang menguasai bisnis media saat ini menjadi bukti arti strategis informasi bagi pengambilan keputusan baik negara maupun bisnis. Karena itu kehadiran website ilkom umj ini diharapkan mampu mensosialisasikan pemikiran, sarana komunikasi yang efektik bagi penggunanya guna membentuk citra positif ilkom FISIP UMJ. 

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan diskusi International Public Lecturer Aljazeera and the global media landscape. Drew Ambrose, produser Aljazeera hadir sebagai pembicara dan berbagi kisah tentang pembuatan video dokumenter bagi televisi. Pria Australia yang fasih berbahasa Indonesia ini juga berbagi tips dalam pembuatan berbagai jenis video dokumenter.

Seperti pemilihan tema yang menarik, pemilihan pembicara yang menguasai topik masalah serta teknik pengambilan gambar. Waktu yang terbatas dalam pembuatan video membutuhkan kepiawaian dalam menentukan angle gambar guna menarik perhatian pemirsa. Termasuk didalamnya memaksimalkan pengambilan gambar sekeliling agar video tambah lebih hidup dan mampu mendukung tema yang hendak disampaikan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement