Rabu 26 Oct 2022 01:05 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Cianjur Tembut 1,6 Juta Orang

Kunjungan wisata ke Cianjur didominasi wisatawan dalam negeri

Red: Nur Aini
Sejumlah warga berwisata di tebing Puncak Pass, Cianjur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Tebing buatan yang berada di pinggir jalan itu menjadi salah satu tujuan wisata alternatif bagi wisatawan saat menunggu kemacetan.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah warga berwisata di tebing Puncak Pass, Cianjur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Tebing buatan yang berada di pinggir jalan itu menjadi salah satu tujuan wisata alternatif bagi wisatawan saat menunggu kemacetan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur, Jawa Barat, mencatat angka kunjungan wisatawan ke Cianjur hingga Oktober 2022 sekitar 1,6 juta, didominasi wisatawan dalam negeri dengan lama tinggal di atas satu hari.

Kepala Disparbud Cianjur, Pratama Nugraha, mengatakan angka wisatawan yang datang ke Cianjur meningkat setiap akhir pekan setelah program promosi di tingkat provinsi hingga pusat dilakukan. Hal itu termasuk memperkenalkan objek wisata baru seperti pengembangan kampung adat dan zona penunjang Gunung Padang.

Baca Juga

"Untuk mencapai target 1,9 juta wisatawan hingga akhir tahun, kami akan menggelar dua kegiatan berskala nasional seperti festival bunga dan seni budaya tradisional Maenpo yang akan diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia, serta kami siapkan berbagai program untuk menarik minat wisatawan untuk datang, " katanya di Cianjur, Selasa (25/10/2022).

Pratama menyebutkan untuk menarik minat wisatawan datang dan berlama-lama di Cianjur pada akhir tahun, pihaknya menggelar promosi bersama pelaku pariwisata termasuk pengelola hotel dan restoran dengan memberikan program menariknya termasuk potongan harga, sehingga tingkat lama tinggal wisatawan lebih dari satu hari.

Sarana dan prasarana penunjang serta atraksi budaya sebagai penarik minat wisatawan akan disuguhkan di sejumlah tempat wisata andalan seperti Taman Alun-laun Cianjur, Pasir Domas-Situs Gunung Padang, Kampung Adat Miduana, dan objek wisata bahari di wilayah selatan.

"Kami optimistis angka kunjungan akan melebihi target, sehingga target tahun depan akan ditingkatkan menjadi 2,4 juta dari berbagai daerah termasuk wisatawan mancanegara. Berbagai atraksi seni dan budaya sebagai daya tarik akan digelar di obyek wisata andalan," katanya.

Upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Cianjur itu disambut baik pengelola hotel di kawasan Puncak-Cipanas, terutama menjelang akhir tahun setelah pandemi melandai, mereka dapat menggelar keramaian tanpa harus dibatasi.

"Kami sudah menyiapkan berbagai program untuk menarik minat wisatawan luar dan dalam negeri, untuk menghabiskan malam pergantian tahun di kawasan Puncak-Cipanas, sejumlah acara termasuk menghadirkan artis ibu kota dan pertunjukan seni budaya akan kami suguhkan," kata General Manager Lembah Permai Resort, Valen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement