Rabu 26 Oct 2022 03:33 WIB

Tugas Berat Menanti PM Inggris Rishi Sunak

Rishi Sunak menghadapi sejumlah tugas menantang di tengah krisis ekonomi Inggris.

Perdana Menteri Inggris yang baru Rishi Sunak melambai setelah tiba di Downing Street di London, Selasa, 25 Oktober 2022, setelah kembali dari Istana Buckingham di mana ia secara resmi ditunjuk oleh Raja Inggris Charles III.
Foto: AP Photo/Frank Augstein
Perdana Menteri Inggris yang baru Rishi Sunak melambai setelah tiba di Downing Street di London, Selasa, 25 Oktober 2022, setelah kembali dari Istana Buckingham di mana ia secara resmi ditunjuk oleh Raja Inggris Charles III.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Rishi Sunak terpilih menjadi perdana menteri (PM) Inggris yang baru pada Senin (24/10/2022) waktu setempat. Ia akan menghadapi salah satu tantangan terbesar Inggris yang tengah mengalami krisis ekonomi.

Mantan menteri keuangan berusia 42 tahun itu menjadi perdana menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan, setelah pertikaian dan perseteruan di Westminster yang membuat para investor ketakutan dan sekutu internasional khawatir. Salah satu politisi terkaya di parlemen ini perlu menemukan pemotongan pengeluaran yang dalam untuk menutup lubang 40 miliar pound di keuangan publik pada saat posisi partainya di negara itu anjlok.

Baca Juga

Dia memperingatkan rekan-rekan partainya pada hari Senin bahwa partai itu menghadapi "krisis eksistensial" jika tidak membantu mengarahkan negara melalui apa yang dia gambarkan sebagai tantangan ekonomi yang mendalam. "Kita sekarang membutuhkan stabilitas dan persatuan, dan saya akan menjadikannya prioritas utama saya untuk menyatukan partai dan negara kami," katanya.

Sunak merupakan PM Inggris termuda sejak 200 tahun. Ia juga menjadi pemimpin keturunan Asia pertama di Inggris, menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri usai 45 hari menjabat.

Dengan meningkatnya biaya bunga utang dan prospek ekonomi yang memburuk, ia perlu meninjau semua pengeluaran, termasuk di bidang yang sensitif secara politik seperti kesehatan, pendidikan, pertahanan, kesejahteraan, dan pensiun. Tugas pertamanya, setelah ditunjuk oleh Raja Charles di Istana Buckingham, adalah memilih kabinet menteri senior yang diharapkan oleh beberapa anggota parlemen Konservatif akan mencakup politisi dari semua sayap partai.

Dia diperkirakan akan mempertahankan Jeremy Hunt sebagai menteri keuangan setelah mantan menteri luar negeri dan kesehatan membantu menenangkan pasar obligasi yang bergejolak dengan merobek sebagian besar program ekonomi Truss.

Investor juga ingin tahu apakah Sunak akan tetap berpegang pada rencana untuk menerbitkan anggaran baru di samping perkiraan pinjaman dan pertumbuhan pada 31 Oktober, yang akan membantu menginformasikan langkah selanjutnya Bank of England pada suku bunga pada 3 November.

Sunak juga perlu menyatukan partainya, menyadari bahwa pemilih semakin marah atas kejenakaan politisi di Westminster ketika ekonomi menuju resesi, didorong oleh kenaikan biaya energi dan makanan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement