Senin 24 Oct 2022 12:42 WIB

Stok Vaksin Covid-19 Kosong, Layanan Vaksinasi Tasikmalaya Terhenti

Pemkot Tasikmalaya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk sediakan vaksin

Rep: Bayu Adji P/ Red: Nur Aini
Sejumlah masyarakat melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Asia Plaza, Kota Tasikmalaya, Senin (16/5/2022). Stok vaksin Covid-19 di Kota Tasikmalaya mengalami kekosongan dalam beberapa hari terakhir. Alhasil, pelayanan vaksinasi untuk masyarakat terhenti untuk sementara waktu.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Sejumlah masyarakat melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Asia Plaza, Kota Tasikmalaya, Senin (16/5/2022). Stok vaksin Covid-19 di Kota Tasikmalaya mengalami kekosongan dalam beberapa hari terakhir. Alhasil, pelayanan vaksinasi untuk masyarakat terhenti untuk sementara waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Stok vaksin Covid-19 di Kota Tasikmalaya mengalami kekosongan dalam beberapa hari terakhir. Alhasil, pelayanan vaksinasi untuk masyarakat terhenti untuk sementara waktu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi terkait kosongnya stok vaksin. Pihaknya juga akan kembali melakukan pengecekan ke setiap fasilitas kesehatan (faskes) untuk memastikan ketersediaan vaksin.

Baca Juga

"Saya akan cek lagi apakah disemua puskesmas serta dinkes sudah kosong atau sudah ada sekarang. Nanti dicek Pak Kadis nanti pasti dilaporkan dan koordinasikan informasinya," kata dia, Senin (24/10/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, mengatakan, hingga saat ini stok vaksin di daerahnya masih belum tersedia. Kondisi itu disebut telah terjadi sejak sekitar sepekan lalu.

"Masih kosong, Kang," kata dia saat dikonfirmasi Republika.co.id, Senin.

Menurut dia, pihaknya sudah mencoba berbagai cara untuk mendapatkan distribusi vaksinasi. Namun, belum ada kepatian waktu vaksin bisa datang ke Kota Tasikmalaya.

Sebelumnya, salah seorang warga Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Rimayanti (27 tahun), mengaku sudah sejak sepekan terakhir mencari layanan vaksinasi untuk mendapat vaksin dosis ketiga atau booster untuk memenuhi syarat melakukan perjalanan jarak jauh. Beberapa tempat sudah didatangi, mulai puskesmas hingga pusat perbelanjaan. Namun, ia masih belum mendapatkannnya

"Aku tuh butuh sejak sepekan yang lalu kang untuk melakukan perjalanan jarak jauh, kang," kata dia kepada Republika.co.id, Jumat (21/10/2022).

Pertama, ia mendatangi Puskesmas Rajapolah di Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, untuk mendapatkan vaksinasi. Berdasarkan informasi yang dimilikinya, layanan vaksinasi di fasilitas kesehatan (faskes) itu dilakukan rutin setiap Jumat. Namun, dua kali ia mendatangi Puskesmas Rajapolah vaksinnya sedang kosong.

Rima kemudian mencari informasi lain melalui media sosial. Namun ia tak menemukannya. Akhirnya, ia mencoba datang ke Puskesmas Cipedes Kota Tasikmalaya untuk mendapatkan vaksinasi. Namun hasilnya tetap nihil.

"Cari di Instagram, ada info di Asia Plasa (pusat perbelanjaan di Kota Tasikmalaya). Namun, pelaksaan terakhir itu tanggal 10 Oktober. Setelah itu, belum liat ada postingan info pelaksanaan vaksin dalam waktu dekat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement