Ahad 23 Oct 2022 00:32 WIB

Manchester City Tampil Meyakinkan di Depan Brighton Saat Menang 3-1

Haaland beringas dengan torehan dua golnya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pemain Manchester City Erling Haaland merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Brighton and Hove Albion di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu, 22 Oktober 2022.
Foto: AP/Rui Vieira
Pemain Manchester City Erling Haaland merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Brighton and Hove Albion di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu, 22 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City unggul lebih dulu saat menghadapi Brighton & Hove Albion pada pekan ke-13 Liga Primer Inggris di Etihad Stadium, Sabtu (22/10/2022) malam WIB. Tuan rumah menang 3-1 dengan dua gol dari Haaland. 

Manchester City menikmati penguasaan bola di menit-menit awal dan Cancelo mencoba memberikan umpan terobosan ke sisi kiri dimana Grealish siap melesat ke depan. Namun Veltman berhasil menghentikan upaya tersebut.

Baca Juga

Brighton dengan sabar mencoba bermain dari belakang, tetapi Webster kehilangan bola di tepi kotak dengan operan yang ceroboh yang dengan mudah dicuri Haaland. Pemain asal Norwegia itu memberikannya kepada Mahrez, tetapi Webster pulih dengan baik untuk membersihkannya.

Brighton memiliki peluang di menit ke-12 saat Ederson dengan santai keluar dari kotaknya dengan bola mencari Cancelo tapi Welbeck berhasil mencurinya. Dia langsung melepaskan tembakan lebih awal saat kiper masih jauh dari garisnya, tapi dia tergelincir sehingga tembakannya meleset jauh dari sasaran.

Di menit ke-20, City meminta penalti setelah Haaland dijatuhkan Sanchez di dalam kotak. Haaland tengah mengejar umpan dari De Bruyne dan sang kiper menjulurkan kakinya untuk mencoba memblok bola tetapi malah menangkap Haaland di pergelangan kaki. Setelah pemeriksaan, VAR tetap pada keputusan di lapangan.

Tapi tanpa waktu lama, hanya dua menit, Haaland benar-benar mencetak gol. Ia berlatri melewati dua pemain belakang Brighton untuk menerima umpan panjang dari kiper, Ederson. Setelah memenangkan duel dengan bek, Haaland dengan mudah menjulurkan bola ke gawang yang sudah kosong ditinggal Sanchez. 

City menggempur pertahanan Brighton. Kerjasama mereka mencapai kotak penalti Brighton di menit ke-32 saat Mahrez memberikan terobosan ke Silva di sisi kanan. Dia mengarahkannya ke De Bruyne, yang memainkan satu-dua dengan Rodri saat dia masuk ke dalam kotak. Rodri melepaskan tembakan pertama kali, tetapi Dunk berhasil memblokirnya di depan Sanchez.

Brighton memberikan balasan, peluang berhasil diciptakan di menit ke-38, saat umpan silang Trossard diblok untuk menghasilkan tendangan sudut. Gross melesakkannya ke tiang dekat, di mana Welbeck berusaha membelokannya ke gawang, tapi bola masih melebar ke sudut jauh atas.

City mendapat hadiah penalti di menit ke-41 setelah pelanggaran Dunk kepada Silva dipastikan VAR. Haaland yang mengeksekusi tendangan dari titik putih berhasil menyelesaikan tugasnya dengan tendangan rendah ke sisi kiri gawang. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

 

Di babak kedua, City belum berhenti untuk mencoba menambah keunggulan. Di menit ke-52, City mendapat peluang saat De Bruyne melepaskan umpan kepada Mahrez yang lokos dari penjagaan saat memotong ke dalam dari kanan, tetapi tendangan rendahnya diblok oleh kaki Sanchez.

Tapi semenit kemudian, serangan balik cepat dari Brighton berhasil membuat mereka memperkecil ketertinggalan. March menerima operan di sisi kiri serangan kemudian memberikan umpan tarik kepada Trossard yang melakukan sentuhan pertama sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak ke tiang dekat yang gagal ditepis keluar oleh Ederson. Skor 2-1.

Di menit ke-72, Laporte nyaris mencetak gol dari sepak pojok yang dihasilkan. Foden mengayunkan tendangan sudut dan Laporte naik paling tinggi di dekat titik penalti. Dia membenturkan sundulannya ke tiang jauh tapi bola memantul melebar dari sasaran.

City berhasil mengembalikan keunggulan dua angka di menit ke-75, Silva mengarahkan umpan ke De Bruyne, yang berlari di luar kotak. Estupinan mencoba untuk menutupnya tetapi tidak tiba tepat waktu saat De Bruyne melepaskan tembakan ke arah gawang dan Sanchez gagal menggapainya. Skor 3-1 untuk City bertahan hingga pertandingan berakhir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement