Jumat 21 Oct 2022 23:20 WIB

Pesona Mihrab dan Mimbar Masjid Haci Bayram

Ukiran pada kayu bagian mihrab ini dikerjakan oleh pemahat Nakkas, Mustafa.

Masjid Haji Bayram di Ankara, Turki.
Foto: Tripadvisor.co.uk
Masjid Haji Bayram di Ankara, Turki.

IHRAM.CO.ID, Masjid Haji Bayram juga memiliki balkon. Bagian pinggiran balkon tersebut terbuat dari material kayu. Bagian ini dipergunakan untuk ibadah kaum perempuan.

Namun, yang menjadi pusat perhatian dari bagian interior ini adalah bagian mihrab dan mimbar. Saat lampu kristal menyala maka bagian mihrab yang terbuat dari bahan cetakan itu memendarkan warna yang putih bersih. Di sisi terluar dari mihrab ini hadir motif bunga. Selain itu pada bagian tembok mihrab hadir hiasan kaligrafi. Penggalan dari ayat Alquran itu tersusun dalam lima baris. 

Baca Juga

Sedangkan, pada bagian imam, terdapat relung yang berbentuk cekungan. Cekungan ini tak besar. Namun, cukup untuk memberi kesan dalam pada sisi mihrab yang dikemas secara terbuka tersebut.

Sementara itu, pada bagian mimbar, posisinya cukup menarik perhatian mata. Mimbar dari terbuat dari bahan kayu. Untuk menghias bagian mimbar ini menggunakan teknik kündekari. Yakni, teknik menyatukan keping-keping geometris tanpa menggunakan paku atau lem. Teknik ini khas Turki ini kerap digunakan pada periode Kekaisaran Seljuk dan Turki Usmani. 

Ukiran pada kayu bagian mihrab ini dikerjakan oleh pemahat Nakkas, Mustafa. Pada bagian ini terdapat sebuah inskripsi yang menyebutkan masjid ini pernah direstorasi pada 1714 oleh Mehmet Baba, cucu dari Haji Bayram.

Bagian mimbar ini hadir mengambil posisi hingga masuk ke tiga shaf jamaah. Dari posisi tersebut, kayu mimbar itu kemudian ditampilkan secara diagonal hingga ke bagian langit-langit masjid. Tampilan mimbar semacam ini juga kerap ditemukan di beberapa masjid tradisional yang ada di Indonesia. Namun, biasanya mihrab itu tak sampai menyatu hingga ke langit-langit masjid. n

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement