Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Ini Tips Seduh Kopi dengan Cara Manual Brewing Metode V60

Jumat 21 Oct 2022 13:10 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Tidak sedikit orang yang mulai tertarik menyeduh kopi dengan cara 'manual brewing'.

Tidak sedikit orang yang mulai tertarik menyeduh kopi dengan cara 'manual brewing'.

Foto: www.freepik.com
Tidak sedikit orang yang mulai tertarik menyeduh kopi dengan cara 'manual brewing'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang yang mulai tertarik menyeduh kopi secara manual (manual brewing), salah satunya dengan menggunakan metode V60. Sudah banyak yang memiliki mesin kopi di rumah, namun masih kerap tidak tahu bagaimana menyeduh kopi dengan benar. Umumnya, mereka kurang memperhatikan rasio.

“Pada dasarnya banyak yang punya alatnya cuma tidak tahu memakainya, atau memakai yang benar, banyak hal yang bikin sadar ternyata kopinya bisa gini lho ya, mereka selama ini merasa salah,” kata Adit dari Barista Indonesia dalam acara Jelajah Kopi Indonesia inisiasi PT Otten Coffee Indonesia di Serpong, Tangerang, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga

Ada beberapa aspek yang bisa mempengaruhi hasil seduhan kopi. Hal itu antara lain, rasio, kegunaan suhu, pemilihan grind size atau ukuran gilingan kopi, baik kasar, medium atau halus.

Rasio antara kopi dan air akan mempengaruhi hasil seduhan. Suhu yang terlalu panas juga bisa memberikan efek tertentu.

Sementara grind size juga jadi salah satu faktor penting dalam proses seduh kopi. Seorang barista harus bisa menentukan bagaimana ukuran gilingan tersebut bisa pas dan sesuai dengan metode seduh yang akan dilakukan demi mendapatkan cita rasa seduhan kopi seperti yang diharapkan.

“Jadi kayak penggunaan air tidak sebanding dengan kopi. Kebanyakan air, kopi jadi hambar, rasa tidak jelas,” lanjut Adit.

Penyeduh kopi di rumah juga biasanya kerap belum mengerti mengenai resep. Padahal, ada tahapan yang perlu diperhatikan.

Metode V60 bisa mengekstrak dan menentukan hasil seduhan kopi. Orang cenderung mencari rasa yang tidak terlalu bold, jadi lebih light, punya aroma menyenangkan, kuat dan asam yang jelas. Pemilihan bean atau biji kopi dapat memberikan sensasi sesuai selera penyeduhnya, yakni natural, lebih kuat atau ada cokelatnya, dan lainnya.

Adit menyarankan untuk memakai 15 gram kopi dengan air 225 mililiter. Pilih ukuran giling medium dan suhu sekitar 90 derajat celcius. Jangan lupa aduk hasil seduhannya dan bisa segera diseduh untuk dinikmati.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA