Jumat 21 Oct 2022 17:05 WIB

Empat Ayat Alquran dan Hadits Jelaskan Keutamaan Dzikir

Dari ayat dan hadits tersebut dapat diketahui betapa sangat pentingnya dzikir.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Empat Ayat Alquran dan Hadits Jelaskan Keutamaan Dzikir
Foto: Republika/Thoudy Badai
Empat Ayat Alquran dan Hadits Jelaskan Keutamaan Dzikir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di dalam Alquran ada empat ayat yang menjelaskan keutamaan melakukan dzikir. Jika membaca empat ayat ini dan tiga hadist yang berkaitan dengannya, dapat diketahui betapa sangat pentingnya melakukan dzikir.

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Baca Juga

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Alquran) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat dan dzikir) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Ankabut: 45)

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS Al-Baqarah: 152)

فَلَوْلَا أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِينَ

لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit. (QS As-Saffat: 143-144)

يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُونَ

Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya. (QS Al-Anbiya: 20)

"Ada dua kalimat, yang ringan di lisan, berat pada timbangan, dan dicintai oleh Allah yang Maha Rahman yaitu: Maha Suci Allah dan dengan memuji-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung." (HR Al-Bukhari)

Abu Dzar mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Maukah kamu aku beritahu ucapan yang paling dicintai Allah? Sesungguhnya ucapan yang paling dicintai Allah adalah Maha Suci Allah dan dengan Memuji-Nya." (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda, "Ucapan yang paling dicintai Allah adalah empat: Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar. Tidak ada masalah bagimu dengan yang manapun kamu mulai." (HR Muslim)

Empat ayat dan tiga hadist ini dijelaskan dalam kitab Al-Adzkar an-Nawawiyah karya Al-Imam An-Nawawi. Kitab tersebut diterjemahkan menjadi buku Ensiklopedia Dzikir dan Doa oleh Izzudin Karim, Ahmad Syaikhu, dan Luqman Hakim dan diterbitkan Pustaka Sahifa, 2007.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement