Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Kopi Fruity dan Aromatik Kini Kian Diminati

Jumat 21 Oct 2022 10:28 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Kopi 'fruity' menawarkan rasa kopi, teh, dan jus di dalam satu gelas minuman.

Kopi 'fruity' menawarkan rasa kopi, teh, dan jus di dalam satu gelas minuman.

Foto: www.pixabay.com
Kopi 'fruity' menawarkan rasa kopi, teh, dan jus di dalam satu gelas minuman.

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG -- Penikmat kopi di Indonesia kini kian tertarik dengan sensasi fruity dan aromatik. Tren tersebut juga mulai mengarah ke pertimbangan akan kesehatan.

Roaster dan Barista Ahmad Praditya melihat kopi tersebut seperti hampir menyerupai teh bunga-bungaan. Saat ini, sensasi fruity lebih banyak, dari yang sebelumnya relatif sedikit.

Baca Juga

“Dulu misalnya cuma lemon, strawberry, sekarang ada mangga, nanas itu berpengaruh dari proses pascapanen,” kata pria yang akrab disapa Adit dalam acara Jelajah Kopi Indonesia (JKI) bersama Otten Coffee di Serpong, Tangerang, Kamis (20/10/2022).

Adit melihat tren dengan sensasi buah ini bisa dibilang unik. Sebab, penikmat kopi dapat merasakan kombinasi tiga rasa dalam satu sajian.

 

Penikmat kopi bisa merasakan kopi, teh, dan jus dalam satu minuman. Tidak semua kopi bisa menghasilkan sensasi demikian sehingga menarik dan paling banyak dicari.

“Buat kesehatan kalau orang tidak ingin terlalu over cafein ketika mereka minum kopi item jadi opsi americano japanesse, kalau pakai metode V60 bisa less cafein banget tidak bikin deg-degan tapi melek aja,” lanjut dia. 

Indonesia dinilai punya keunggulan tersendiri. Selain rasa, keunggulan dari kopi khas Indonesia juga dikenal karena teksturnya yang berat dan menarik.

Kemudian keanekaragaman yang dimilikinya. Jenis kopi di Indonesia mungkin tidak terlalu banyak, tapi sangat beragam.

“Kayak dari Jawa saja itu beragam banget, baik Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Satu daerah punya banyak sekali dan tidak dimiliki kopi luar,” tambahnya.

Saat ini dalam negeri sudah bicara rasa dan juga kualitas. Kualitas biji semakij bagus seiring meningkatnya kesadaran petani.

Adit berharap konsistensi dan kemajuan ini bisa terjaga dan lebih ditingkatkan lagi. Jangan sampai kendor lagi atau hilang sehingga harus dipertahankan.

“Bukan cuma di Indonesia tapi juga dibanggakan di mancanegara,” tambahnya. 

Di acara JKI sendiri, Otten Coffee juga memperkenalkan inovasi baru yang pertama di Indonesia, yaitu Infused Coffee. Produk biji kopi ini menghasilkan rasa kopi segar bercampur buah-buahan ketika diseduh, dan hadir dengan tiga varian rasa Fruit Punch, Rock Mango, serta Fruit Candy. Bagi yang ingin mencicipi berbagai ragam kopi, terdapat booth Experience Bar, di mana pengunjung bisa mendapatkan secangkir kopi hanya dengan harga Rp 1. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA