Jumat 21 Oct 2022 08:48 WIB

Baznas Gulirkan Program Bantuan ZChicken di Bantul

Baznas terus berkomitmen mengembangkan usaha mustahik binaan.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program usaha ZChicken untuk memberdayakan mustahik yang berada di Kabupaten Bantul, DIY.
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program usaha ZChicken untuk memberdayakan mustahik yang berada di Kabupaten Bantul, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program usaha ZChicken untuk memberdayakan mustahik yang berada di Kabupaten Bantul, DIY. Peluncuran ini merupakan bagian dari rangkaian program bantuan usaha 1.000 ZChicken untuk dikelola mustahik di Pulau Jawa. Sebelumnya program ZChicken telah diluncurkan di Jawa Tengah pada 7 Februari 2022. 

Hingga saat ini tersedia 34 gerobak ZChicken di Bantul dari total 100 kuota di DIY. Melalui program ZChicken, Baznas berkomitmen mengangkat perekonomian dan memberi kesejahteraan mustahik melalui dana zakat, infak, dan sedekah.

Simbolisasi penyerahan bantuan dilakukan di Gedung Parasamya, Bantul, Kamis (20/10), dengan dihadiri Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA. Hadir pula Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, Ketua Baznas DIY Puji Astuti, serta Ketua Baznas Bantul KH Damanhuri.

Saidah mengatakan Baznas terus berkomitmen mengembangkan usaha mustahik binaan dan membantu proses transformasi menjadi muzaki. "Program ini diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian keluarga rentan yang sempat terpuruk akibat pandemi," ucap dia. 

Dengan mengusung pemberdayaan di bidang kuliner berkonsep usaha waralaba ayam krispi yang berkelanjutan, Saidah menyatakan, Baznas akan terus memaksimalkan potensi pasar yang luas. Dalam bantuan usaha ZChicken ini, Baznas tak hanya memberikan modal usaha, namun juga membentuk ekosistem pengelolaan usaha agar semakin optimal. 

Baznas juga membentuk kelompok pengelola usaha sebagai distributor bahan baku ZChicken yang dimiliki kelompok mustahik. "Dengan komunitas yang kuat, maka kami yakin dapat mengoptimalkan program ini agar bisa menebar banyak manfaat," ucap Saidah. 

Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih optimistis bantuan yang disalurkan dapat berkembang dan dimaksimalkan dengan baik. Melihat kesuksesan ZChicken di banyak tempat, maka hal ini bisa menjadi peluang untuk warga Bantul agar bisa semakin berdaya dan mencapai kemandirian ekonomi. Program ini sejalan dengan upaya Pemkab Bantul mengangkat perekonomian masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement