Jumat 21 Oct 2022 08:04 WIB

Arteta: Kemenangan Atas PSV Eindhoven Jadi Bukti Kematangan Arsenal

Arsenal kian nyaman memimpin klasemen sementara Grup A Liga Europa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Arsenal Granit Xhaka saat mengambil tendangan bebas melawan PSV Eindhoven di Liga Europa, Jumat (21/10/2022). Xhaka mencetak gol kemenangan 1-0 Arsenal atas PSV di laga tersebut..
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Gelandang Arsenal Granit Xhaka saat mengambil tendangan bebas melawan PSV Eindhoven di Liga Europa, Jumat (21/10/2022). Xhaka mencetak gol kemenangan 1-0 Arsenal atas PSV di laga tersebut..

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal dipastikan bakal mengakhiri penyisihan grup Liga Europa di dua posisi teratas klasemen Grup A. The Gunners pun tinggal membutuhkan tambahan satu poin di dua laga pamungkas penyisihan Grup A untuk memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Europa sebagai juara grup.

Kepastian ini didapat tim besutan Mikel Arteta itu usai mengatasi perlawanan PSV Eindhoven, 1-0, di laga tunda penyisihan Grup A, Jumat (21/10/2022) dini hari WIB. Gelandang asal Swiss, Granit Xhaka, tampil sebagai pahlawan kemenangan the Gunners dalam laga yang digelar di Stadion Emirates tersebut.

Baca Juga

Xhaka sukses menyambar umpan lambung Takehiro Tomiyasu dengan sepakan keras dari tepi kotak penalti. Bola sepakan gelandang berusia 30 tahun itu meluncur deras ke gawang PSV tanpa bisa dihalau kiper PSV, Walter Benitez.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengakui, anak-anak asuhnya sempat mengalami kesulitan untuk membongkar pertahanan PSV di laga tersebut. Namun, kebuntuan itu akhirnya pecah pada menit ke-70 via gol Xhaka sekaligus menjadi gol kemenangan the Gunners atas runner-up Liga Belanda musim lalu tersebut.

Kemenangan ini, ujar Arteta, menjadi penanda kematangan anak-anak asuhnya dalam mencari solusi untuk mencetak gol dan berburu kemenangan. Terlebih, PSV merupakan tim yang memiliki potensi besar, terutama dalam hal ketajaman. Sebelum tampil di laga kontra Arsenal, PSV diketahui mampu mencetak 11 gol dari dua laga di semua ajang.

''Di kompetisi Eropa, Anda harus bisa menguasai dan mendominasi lawan. Mereka (PSV) adalah tim dengan talenta yang sangat besar, terbiasa dengan kemenangan, dan mencetak banyak gol. Namun, di laga ini, kami benar-benar menunjukkan kematangan,'' kata Arteta seperti dilansir BBC, Jumat (21/10/2022).

Dengan kemenangan ini, Arsenal kian nyaman memimpin klasemen sementara Grup A dengan koleksi poin sempurna, 12 poin dari empat laga. Klub asal London Utara itu unggul lima poin dari PSV Eindhoven.

Dengan kondisi tersebut, Arsenal setidaknya bisa finis di peringkat kedua Grup A atau melaju ke babak play-off fase gugur Liga Europa. The Gunners pun bisa langsung melaju ke babak 16 besar Liga Europa apabila bisa memetik setidaknya satu poin di dua laga terakhir.

Arteta tidak mau anak-anak asuhnya hanya puas dengan finis di peringkat kedua. Lolos otomatis ke babak 16 besar menjadi bidikan pelatih asal Spanyol tersebut saat Arsenal ganti melawat ke markas PSV Eindhoven, tengah pekan depan.

''Finis di peringkat pertama dan kedua memiliki perbedaan besar di penyisihan grup kompetisi Eropa. Kami ingin segera menuntaskan tugas ini pada pekan depan,'' ujar eks mantan asisten Pep Guardiola di Manchester City tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement