Jumat 21 Oct 2022 00:13 WIB

Bio Farma Tandatangani Empat Kerja Sama dengan Perusahaan Global

Bio Farma melaksanakan penandatanganan kerja sama, memperkuat infrastruktur kesehatan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) I Pahala Nugraha Mansury (kanan) bersama Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir (kiri) dan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Bakir Pasaman (tengah) memberikan keterangan saat konferensi pers hari terakhir acara State-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Selasa (18/10/2022).
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) I Pahala Nugraha Mansury (kanan) bersama Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir (kiri) dan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Bakir Pasaman (tengah) memberikan keterangan saat konferensi pers hari terakhir acara State-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Selasa (18/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Induk Holding BUMN Farmasi Bio Farma, melakukan empat penandatanganan kerja sama dengan empat perusahaan healthcare tingkat global, disela kegiatan G20 State-owned-Enterprise (SoE) International Conference & Expo2022 yang digelar, 17-18 Oktober 2022, di Nusa Dua Bali.

Menurut Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, penandatanganan tersebut antara lain dilakukan oleh Bio Farma dengan Suzhou Ronnsi Pharma Co., Ltd (Ronsi), terkait kerja sama pengembangan Supply Agreement Active Pharmaceutical Ingredients (API) untuk produk Enoxaparin dari Ronsi, yang akan diformulasi di Bio Farma.

Baca Juga

Produk ini, ditargetkan dijual untuk pasar ekspor. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dengan President Director Ronsi Yiming Yao. Kemudian, penandatanganan kedua antara Bio Farma dengan ConnectedLife Health Singapore, berupa kerja sama komersialisasi layanan preventif care di Indonesia, ditandatangani oleh Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, dengan CEO ConnectedLife Health Singapore Daryl Arnold.

 

Penandatanganan MoU ketiga antara Bio Farma dengan Asuransi Jiwa InHealth Indonesia, yang dilakukan oleh Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma Soleh Ayubi., Ph.D dan Direktur Pemasaran Bugy Riagandhy. MoU ini berkaitan dengan pengembangan layanan preventive care system untuk memonitor kesehatan dan aktivitas fisik peserta MANDIRI INHEALTH menggunakan layanan Medwell dan layanan Homecare yang akan terhubung dengan seluruh platform kesehatan digital milik Bio Farma.

Selain itu, PT Kimia Farma Tbk sebagai member holding BUMN Farmasi, Tbk juga meneken MoU dengan Pantai Premier Pathology Sdn Bhd Kimia Farma untuk kerja sama pendampingan dan dukungan pengetahuan teknis untuk pengembangan layanan laboratorium. Dengan terlaksananya kerja sama ini, Kimia Farma dapat semakin meningkatkan kualitas dan layanan laboratoriumnya.

Menurut Honesti, secara kapasitas produksi, Bio Farma memiliki kapasitas yang cukup besar. Sehingga untuk tahap awal, mampu memproduksi Indovac sebanyak 20 juta dosis yang akan digunakan untuk program booster pemerintah, dan akan meningkat hingga 40 juta dosis.

 

“Untuk secara total kapasitas produksi vaksin IndoVac, kedepannya kami bisa menyiapkan 120 juta dosis yang akan disesuaikan dengan permintaan," ujar Honesti dalam siaran persnya, Kamis (20/10/2022).

Sesuai dengan arahan Kementerian BUMN, kata dia, vaksin IndoVac ini, tidak hanya akan digunakan di Indonesia saja. Karena kini saatnya Indonesia membantu penanganan pandemi di dunia, mengingat masih terdapat kesenjangan suplai vaksin Covid-19 di dunia.

 

Menurutnya, pada akhir September 2022 yang lalu, Bio Farma baru saja menandatangani kerja sama dengan perusahaan farmasi Inggris ProFactor Pharma untuk produk blood product Recombinant Factor VIII. Sehingga kedepannya Bio Farma dapat menguasai teknologi untuk penanganan haemophilia atau pembekuan darah.

 

“Ini merupakan salah satu penanganan Bio Farma dalam bidang penanganan penyakit tidak menular, namun cukup membahayakan, dan perlu keseriusan untuk penanganannya,” kata Honesti.

Sementara menurut Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury Pahala, yang turut menyaksikan penandatanganan kerja sama tersebut, Indonesia telah belajar dari pandemi Covid-19, bagaimana kita bisa menghindari jika ada pandemi berikutnya, untuk bisa memperkuat infrastruktur kesehatan.

“Indonesia saat ini masih memiliki cukup besar ketergantungan pada negara lain, untuk bisa memastikan masyarakat Indonesia memperoleh pelayanan kesehatan seperti obat, vaksin, untuk bisa menghindari pandemi, oleh karenanya pada hari ini ( Selasa, 18/10/2022) Bio Farma group melaksanakan penandatanganan kerja sama untuk bisa memperkuat infrastruktur kesehatan di Indonesia,” papar Pahala.

Pahala mengatakan, vaksin IndonVac yang merupakan vaksin Covid-19 buatan Bio Farma, merupakan salah satu contoh dari pengembangan kemampuan dalam industri kesehatan yang semuanya kita lakukan kolaborasi dengan pihak luar Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement