Kamis 20 Oct 2022 18:31 WIB

Bantu Tingkatkan SDM, UMS Jalin Kolaborasi dengan Zimbabwe

Zimbabwe adalah negara yang sedang berkembang dan butuh SDM yang baik.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
Bantu Tingkatkan SDM, UMS Jalin Kolaborasi dengan Zimbabwe (Ilustrasi).
Foto: Humas UMS
Bantu Tingkatkan SDM, UMS Jalin Kolaborasi dengan Zimbabwe (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal Zimbabwe, Kamis (20/10/2022). Dalam kunjungan tersebut membahas kerjasama untuk rekrutmen mahasiswa berbeasiswa dan kolaborasi lainnya demi tingkatkan sumber daya manusia (SDM) disana. 

Kunjungan tersebut berlangsung dengan santai antara Konsulat Jenderal Zimbabwe, William Taringa selaku Director Scholarships Administration President and National Scholarship dengan pihak UMS yang diwakili oleh Wakil Rektor V Supriyono. Kunjungan tersebut sekaligus juga untuk mengetahui lebih jelas mengenai UMS. 

Baca Juga

"Kedepannya kita akan berkolaborasi dalam hal rekrutmen mahasiswa dari Zimbabwe, sehingga yang datang ke UMS itu ada jaminan bahwa mereka adalah yang terbaik. Nah selama ini kan kita hanya menyeleksi berdasarkan portofolio, berupa transkrip yang mereka kirim," terang Supriyono.

Menurut Supriyono melalui kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan SDM yang ada di Zimbabwe. Pasalnya melalui kerja sama dalam pendidikan ini, Zimbabwe akan memiliki mahasiswa yang unggul dan dapat membantu mengembangkan teknologi negara asal mereka. 

"Mereka mengatakan bahwa Zimbabwe adalah negara yang sedang berkembang dan butuh SDM yang baik dari berbagai bidang," terangnya.

Selain itu, kerjasama ini tidak hanya akan menguntungkan pihak UMS saja, tetapi juga kedua belah pihak. Sebab, ini juga bisa meningkatkan daya tarik untuk menjadi mahasiswa UMS di mata global, khususnya Zimbabwe.

"Nah kesempatan beasiswa ini akan menjadi menarik bagi mereka untuk follow up agar mahasiswa penerima beasiswa itu kembali ke sana untuk membangun negeri mereka," pungkasnya. 

Sekedar informasi, mahasiswa Zimbabwe yang menerima beasiswa turut hadir, salah satunya, Tinashe Muchemwa. Tinashe nantinya akan membawakan tarian asal Zimbabwe pada upacara Hari Jadi UMS ke-64, yang akan digelar, 24 Oktober 2022 mendatang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement