Kamis 20 Oct 2022 06:00 WIB

Arsenal Bawa Misi Menjaga Rekor di Hadapan PSV Eindhoven Nanti Malam

Arsenal miliki cara untuk bisa memetik kemenangan dari laga ke laga berikutnya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manajer Arsenal Mikel Arteta memberi isyarat di pinggir lapangan selama pertandingan Liga Premier antara Leeds United dan Arsenal di Elland Road di Leeds, Inggris, Ahad 16 Oktober 2022.
Foto: Tim Goode/PA via AP
Manajer Arsenal Mikel Arteta memberi isyarat di pinggir lapangan selama pertandingan Liga Premier antara Leeds United dan Arsenal di Elland Road di Leeds, Inggris, Ahad 16 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal hanya membutuhkan tambahan tiga angka untuk bisa memastikan finish di dua posisi teratas klasemen penyisihan Grup A Liga Europa. Kesempatan ini datang kala The Gunners menjamu PSV Eindhoven di laga tunda penyisihan Grup A, Jumat (21/10/2022) dini hari WIB. 

Bahkan, apabila meniliki rekor head to head dengan Bodo/Glimt, tim besutan Mikel Arteta itu sudah bisa dipastikan mengakhiri penyisihan Grup A di dua posisi teratas dengan hanya tambahan satu poin. Selain itu, dengan torehan kemenangan di laga kontra PSV ini Arsenal tinggal membutuhkan dua poin untuk bisa memastikan lolos ke babak gugur Liga Europa sebagai juara Grup A. 

Baca Juga

Situasi ini tidak terlepas dari start impresif The Gunners pada awal musim ini. Sukses menyapu bersih kemenangan di tiga laga, klub asal London Utara itu dengan nyaman memimpin Grup A dengan koleksi sembilan laga. 

Sama-sama baru tampil di tiga laga, Arsenal unggul dua poin dari PSV Eindhoven, yang duduk di peringkat kedua klasemen sementara. Kendati begitu, memperbesar peluang lolos ke fase gugur Liga Europa, bukan satu-satunya target Arsenal di kontra Eindhoven. 

Gabriel Jesus dan kawan-kawan tentu berharap bisa menjaga rekor apik seraya menjaga momentum kemenangan pada awal musim ini. Dari 13 pertandingan di semua ajang, The Gunners tercatat mengemas 12 kemenangan, termasuk rentetan kemenangan di tujuh laga terakhir. 

Arsenal sepertinya selalu memiliki cara untuk bisa memetik kemenangan dari laga ke laga berikutnya. Terakhir, The Gunners sukses membungkam Leeds United, 1-0, meski laga sempat dihentikan lantaran kendala teknis, akhir pekan lalu. Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, pun berharap, karakter dan mentalitas bertanding yang telah terbangun di skuad The Gunners bisa terus terjaga, setidaknya hingga jeda internasional lantaran gelaran Piala Dunia 2022. 

Kini, bidikan The Gunners selanjutnya adalah melewati adangan PSV Eindhoven. 

''Karakter, kegigihan, dan keinginan untuk bisa meraih kemenangan sudah terbangun di tim ini, meski dengan berbagai tantangan. Laga selanjutnya tentu tidak akan mudah. Namun, dengan modal tersebut, kami akan menemukan cara untuk bisa meraih kemenangan,'' ujar Arteta seperti dilansir laman resmi klub, awal pekan ini. 

Demi bisa menjaga momentum dan rekor kemenangan ini, Arteta pun dikabarkan bakal menurunkan skuad terbaik Arsenal di laga ini. Duet Granit Xhaka dan Thomas Partey kemungkinan besar akan kembali menjadi andalan lini tengah The Gunners. Pun dengan kehadiran Bukayo Saka, yang mencetak gol kemenangan Arsenal atas Leeds United. 

Tidak berhenti sampai disitu, Arteta juga masih memiliki opsi pemain lain untuk bisa mengantarkan Arsenal meraih kemenangan. Eddie Nketiah dan Reiss Nelson dapat menjadi pilihan apabila The Gunners mengalami kebuntuan dalam membongkar pertahanan Rood-Witten, julukan PSV Eindhoven. Kendati begitu, tidak seperti di tiga laga sebelumnya, Arsenal digadang-gadang bakal menghadapi lawan terberat di penyisihan Grup A Liga Europa musim ini. 

PSV Eindhoven merupakan runner-up Liga Belanda pada musim lalu. Tidak hanya itu, tim besutan Ruud van Nisterlrooy itu juga tengah berada dalam tren positif penampilan. Di dua laga terakhir di semua ajang, Rood-Witten bisa mencetak total 11 gol, termasuk saat mencukur FC Zurich, 5-0, di laga lanjutan penyisihan Grup A, dua pekan lalu. PSV tercatat telah mengemas kemenangan di empat laga terakhir di semua ajang. 

Namun, persiapan PSV dalam melawat ke markas Arsenal sedikit terganggu dengan cedera pemain. Setidaknya tujuh pemain diragukan untuk tampil di laga ini. Kendati begitu, Van Nistelrooy mengungkapkan, sejumlah pemain sudah mulai pulih dan kemungkinan besar bisa diturunkan di laga kontra Arsenal, termasuk Noni Madueke, Luuk de Jong, dan Mauro Junior. Van Nistelrooy pun mengungkapkan, kehadiran pemain-pemain tersebut akan mengangkat performa PSV di laga ini. 

''Para pemain tahu tantangan apa yang dihadapi saat tampil tiap tiga hari sekali. Kehadiran pemain-pemain ini meningkatkan kompetisi di dalam tim. Dengan begitu, level permainan diharapkan bisa meningkat,'' kata Nistelrooy seperti dikutip The Sun, beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement