Kamis 20 Oct 2022 05:02 WIB

Brentford Sukses Imbangi Chelsea

Kepa bahkan harus jungkir balik untuk menyelamatkan gawang Chelsea.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Joko Sadewo
Chelsea gagal meraih kemenangan atas Brentford dalam laga lanjutan Liga Inggris, Kamis (20/10/2022) dini hari. Foto ilustrasi Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga.
Foto: EPA-EFE/Paul Childs
Chelsea gagal meraih kemenangan atas Brentford dalam laga lanjutan Liga Inggris, Kamis (20/10/2022) dini hari. Foto ilustrasi Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chelsea harus puas dengan satu poin saat bertandang ke markas Brentford pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris di Gtech Community Stadium, Kamis (20/10/2022) dini hari WIB. The Blues ditahan imbang 0-0 oleh Brentford.

Brentford langsung memulai serangan mereka di menit-menit awal. Itu tercipta saat Henry menemukan ruang di sayap kiri dan memotong umpan silang ke Toney. Toney melakukan umpan balik ke Henry yang siap untuk menembak dari ke tengah, namun Cucurella berhasil membersihkan bahaya tersebut.

Gawang Kepa kembali terancam di menit ke-9. Upaya dari Brentford memaksa Kepa untuk berusaha keras menepis sundulan Toney yang melambung di atas mistar setelah pemain depan itu menyambut umpan silang bagus dari Roerslev di sayap kanan.

Tiga menit berselang, Chelsea masih berada di bawah tekanan. Mbeumo jatuh setelah benturan dengan Loftus-Cheek di area penalti. Tim tuan rumah mengajukan banding, tetapi wasit tidak tertarik. VAR mengonfirmasi keputusan untuk tidak memberikan tendangan penalti.

Di menit ke-25, Azpilicueta berlari masuk ke pertahanan Brentford dari sayap kanan dan melepaskan umpan silang berbahaya ke tengah. Namun sayang bagi Chelsea, upaya itu hanya mengenai kepala Broja beberapa inci. Sangat tipis bagi The Blues untuk memecah kebuntuan gol.

Kepa melakukan penyelamatan brilian untuk menggagalkan upaya Toney di menit ke-35. Pemain depan itu memanfaatkan sundulan yang gagal dari Loftus-Cheek menyusul tendangan bebas. Toney mencoba menyundul bola melewati Kepa, tetapi kiper bereaksi untuk membalikkan bola.

Semenit berselang, Chelsea memberikan tekanan dari serangan balik. The Blues mendapatkan kembali penguasaan bola dan mengarahkan bola ke sayap kanan untuk Azpilicueta yang langsung menembak ke gawang. Tapi Raya berhasil melakukan penyelamatan untuk mendorong bola menjauh dari gawang.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Brentford masih mendominasi serangan. Peluang tercipta di menit ke-50 saat Roerslev melepaskan umpan silang dari sayap kanan. Mbeumo tidak dijaga di tengah dan hanya perlu menempatkan sundulannya di kedua sisi Kepa, tetapi dia malah mengarahkan bola tepat ke arah kiper Chelsea.

Semenit kemudian, Mbuemo kembali memberikan umpan silang yang membahayakan gawang Kepa. Kali ini, Mbeumo memberikan umpan silang ke tiang dekat tempat Toney berada, namun sundulannya masih melebar dari sasaran.

Di menit ke-68, Chelsea akhirnya memberikan ancaman. Pulisic memberikan umpan kepada Havertz saat pemain Jerman itu di tepi kotak penalti. Dia melakukan satu sentuhan sebelum melepaskan tendangan kaki kanan ke gawang, namun masih bisa ditepis oleh kiper Brentford.

15 menit berselang, peluang dimiliki Toney saat menerima umpan terobosan dari Baptiste. Ia langsung melepaskan tendangan melewati Kepa, namun sang kiper melebarkan dirinya untuk melakukan penyelamatan. Azpilicueta kemudian berlari untuk mengambil bola rebound dan menyapunya.

Di menit ke-89, Pulisic memotong dari sayap kiri dan memberikan tendangan keras menuju gawang yang melayang di udara. Raya hanya bisa menepisnya dan beruntung bisa menghindari Aubameyang. Pulisic pergi lagi dan melonjak ke sayap kiri, tetapi umpan silangnya diamankan oleh Raya.

Skor bertahan 0-0 hingga pertandingan berakhir. 

 

Susunan pemain kedua tim:

 

Brentford (3-5-2): David Raya; Zanka, Ben Mee, Ethan Pinnock; Mads Roerslev Rasmussen, Frank Onyeka, Vitaly Janelt, Mathias Jensen, Rico Henry; Ivan Toney, Bryan Mbeumo.

 

Pelatih: Thomas Frank

 

Chelsea (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Trevoh Chalobah, Kalidou Koulibaly, Marc Cucurella; Jorginho, Ruben Loftus-Cheek; Conor Gallagher, Mason Mount, Kai Havertz; Armando Broja.

 

Pelatih: Graham Potter 

 

Advertisement
Berita Lainnya