Rabu 19 Oct 2022 11:12 WIB

De Zerbi Masih Belum Bisa Persembahkan Kemenangan Buat Brighton

De Zerbi pelatih Brighton pertama sejak 1987 yang gagal menang dalam 4 laga awal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Brighton, Roberto De Zerbi.
Foto: EPA-EFE/CARMELO IMBESI
Pelatih Brighton, Roberto De Zerbi.

REPUBLIKA.CO.ID, BRIGHTON -- Roberto De Zerbi masih belum mampu membawa Brighton and Hove Albion memetik kemenangan sejak dipercaya menggantikan Graham Potter. Terakhir, the Seagulls ditahan imbang salah satu tim promosi, Nottingham Forest, 0-0, pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris, Rabu (19/10/2022) dini hari WIB.

Pelatih asal Italia itu resmi ditunjuk sebagai suksesor Potter, yang hijrah ke Chelea, untuk menangani tim utama the Seagulls pada pertengahan September 2022. Namun, sejak resmi ditangani De Zerbi, Brighton and Hove Albion belum sekalipun meraih kemenangan di empat laga terakhir.

Baca Juga

De Zerbi menjadi pelatih Brighton pertama sejak 1987 yang gagal mempersembahkan kemenangan dalam empat kesempatan awal menukangi the Seagulls. Sebelumnya, rekor minor ini digenggam oleh Barry Lloyd, yang menukangi Brighton pada 1987 hingga 1993.

Di empat laga terakhir, termasuk kala menjamu Nottingham Forest, the Seagulls menelan dua kekalahan dan dua hasil imbang. Mampu tampil apik dengan menahan imbang Liverpool, 3-3, the Seagulls justru kehilangan momentum di dua laga berikutnya dengan menelan kekalahan dari Tottenham Hotpurs, 0-1, dan Brentford, 0-2.

Padahal, saat masih ditangani Potter, the Seagulls mampu tampil impresif pada awal musim ini. Bahkan, di empat laga awal Liga Primer Inggris musim ini, the Seagulls tidak terkalahkan dengan torehan tiga kemenangan dan satu hasil imbang, termasuk saat membungkam Manchester United, 2-1, di laga pembuka Liga Primer Inggris.

Secara keseluruhan, Leandro Trossard dan kawan-kawan mampu meraih empat kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan dari enam laga awal Liga Primer Inggris musim ini. Dengan hanya mampu memetik dua poin di empat laga terakhir, posisi Brighton di papan klasemen sementara melorot ke peringkat ketujuh usai sempat berada di posisi ketiga.

Di atas lapangan, dilansir BBC, Rabu (19/10/2022), Brighton sebenarnya mampu tampil dominan dan bisa menciptakan peluang. Namun, efektivitas dalam penyelesaian akhir menjadi problem yang mengemuka.

Saat menghadapi Spurs dan Brentford, Brighton tercatat mengemas 54 upaya mencetak gol. Namun, di dua laga tersebut, the Seagulls gagal mencetak gol sama sekali.

Problem ini mengingatkan pada kiprah Brighton dalam tiga musim terakhir di pentas Liga Primer Inggris, yang hanya memiliki rataan kurang dari satu gol per laga. De Zerbi pun sadar dengan problem yang tengah dihadapi tim besutannya.

''Kini, saya berpikir soal peningkatan yang bisa dilakukan. Tentu saja, kami harus meningkatkan performa di 20 meter akhir lapangan, bagaimana mengambil keputusan yang tepat dan menciptakan solusi di area kreativitas tersebut,'' ujar eks pelatih Shakthar Donetsk tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement