Selasa 18 Oct 2022 20:54 WIB

Casillas Geram Thibaut Courtois tak Masuk Tiga Besar Ballon d'Or

Courtois hanya berada di posisi tujuh ranking Ballon d'Or 2022.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
 Penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois berbicara setelah memenangkan Penghargaan Yashin selama upacara Ballon d
Foto: AP/Francois Mori
Penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois berbicara setelah memenangkan Penghargaan Yashin selama upacara Ballon d

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Mantan penjaga gawang legendaris Real Madrid, Iker Casillas mengaku sangat kesal dengan tidak adanya nama Thibaut Courtois dalam peringkat tiga besar penghargaan Ballon d'Or 2022.

"Saya sangat senang untuk Thibaut Courtois! Dengan perbedaan besar, penjaga gawang terbaik di dunia," demikian pernyataan Casillas dalam akun Twitter pribadinya dikutip Sportbible, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga

Courtois masuk ke dalam 30 nama kandidat penerima penghargaan Ballon d'Or bersama rekan setimnya di Real Madrid yakni Karim Benzema, Luka Modric, dan Vinicius Junior. Courtois menghadiri acara penganugerahan tersebut yang berlangsung di Theater du Chatelet, Paris, Selasa dini hari WIB.

Pada hasil akhir pemungutan suara, sesuai prediksi sebelumnya, nama Karim Benzema berada di peringkat pertama setelah tampil mengilap pada musim 2021/2022. Posisi Benzema disusul oleh Sadio Mane di kursi kedua, Kevin De Bruyne di peringkat ketiga dan penyerang anyar Barcelona Robert Lewandowski di tempat keempat.

Melihat hasil tersebut, Casillas mengaku kecewa. Sebab, ia berharap Courtois dapat merangsek naik ke atas podium penghargaan Ballon d'Or.

"Apa yang saya tidak senang adalah bahwa Courtois tidak termasuk dalam podium terakhir untuk Ballon d'Or. Saya masih tak mengerti apa yang jadi dasar mereka yang memilih penghargaan ini," kata Casillas.

Kiper berpaspor Belgia harus puas finis di tempat ketujuh dalam peringkat akhir polling Ballon d'Or 2022. Ia finis di belakang Kylian Mbappe dan Mohamed Salah.

Lev Yashin tetap jadi satu-satunya penjaga gawang dalam sejarah sepak bola dunia yang sukses mengangkat trofi Ballon d'Or pada 1963 silam. Setelah era Lev Yashin tidak ada penjaga gawang yang mampu meraih gelar Bola Emas. Casillas sendiri finis di peringkat keempat dalam penghargaan Ballon d'Or 2008, sementara Manuel yang berada di urutan ketiga dalam hajatan bergengsi yang digelar oleh Majalah France Football ini.

Untuk Courtois, meskipun tak masuk tiga besar, ia meraih Yashin Trophy untuk kiper terbaik sepanjag 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement