Selasa 18 Oct 2022 20:15 WIB

BTS Tetap Bisa Gabung Acara Nasional Selama Dinas Militer

BTS tetap dapat berpartisipasi dalam acara "nasional" saat bertugas di militer

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Konser BTS Yet to Come Busan sukses terselenggara di Stadium Utama Asaid, Sabtu (15/10/2022)
Foto: Republika/Ferginadira
Konser BTS Yet to Come Busan sukses terselenggara di Stadium Utama Asaid, Sabtu (15/10/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan anggota grup super K-pop BTS tetap dapat berpartisipasi dalam acara "nasional" untuk "kebaikan publik" saat bertugas di militer. Juru bicara kementerian, Kolonel Moon Hong-sik membuat pernyataan sehari label Big Hit Music mengatakan semua anggota BTS akan memenuhi wajib militer mereka. Wajib militer dimulai dengan anggota tertua, Kim Seok-jin, atau yang akrab disapa Jin BTS.

"Posisi kami adalah kami akan memberikan kesempatan jika mereka ingin berpartisipasi ketika ada acara tingkat nasional untuk kepentingan umum atau acara yang dirancang untuk kepentingan nasional," kata Moon dalam konferensi pers reguler dilansir Yonhap News, Selasa (18/10).

Baca Juga

Moon mengatakan bahwa kesempatan seperti itu dapat diberikan kepada anggota layanan lainnya berdasarkan peraturan saat ini. Pada awal bulan ini, Menteri Pertahanan Korea Selatan, Lee Jong-sup mengatakan bahwa anggota BTS akan dapat bergabung bahkan dalam pertunjukan di luar negeri selama dinas militer mereka.

Semua pria Korea Selatan yang berbadan sehat diwajibkan untuk menyelesaikan sekitar 18 bulan dinas militer antara usia 18 dan 28 tahun di bawah Konstitusi.

Setelah menggelar konser untuk mendukung tawaran Busan sebagai tuan rumah World Expo 2030, Big Hit Music menjelaskan keputusan ini adalah momentum yang tepat. Mereka menyebut anggota BTS merasa terhormat dapat menunaikan kewajiban melayani negara.

Sejak memulai debut sebagai BTS lebih dari 10 tahun lalu, Big Hit Music mengatakan grup beranggotakan tujuh orang itu telah sukses di panggung internasional, memecahkan banyak rekor, dan melambungkan musik K-pop ke dunia global. Meski demikian, Big Hit Music mengatakan BTS selalu menghormati kebutuhan negara untuk menunaikan kewajiban mereka.

Jin BTS akan segera merilis musik solonya pada akhir Oktober 2022. Kemudian, dia akan mengikuti prosedur pendaftaran wajib militer. “Dia kemudian akan mengikuti prosedur pendaftaran pemerintah Korea. Anggota lain akan melaksanakan dinas militer mereka berdasarkan rencana individu,” ujar Big Hit Music.

Big Hit Music mengatakan BTS diperkirakan berkumpul kembali sebagai kelompok sekitar tahun 2025, mengikuti komitmen layanan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement