Selasa 18 Oct 2022 08:23 WIB

Sel-sel Otak Belajar Bermain Video Game

Temuan ini membuka penelitian baru tentang prosesor informasi biologis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Sel otak (ilustrasi).
Foto: Freepik
Sel otak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ilmuwan saraf telah menunjukkan bahwa sel-sel otak yang tumbuh di laboratorium dapat belajar memainkan gim video klasik Pong, dan mampu “berperilaku cerdas dan hidup”. Brett Kagan, yang memimpin sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuron, mengatakan kepada AFP bahwa temuannya membuka pintu ke jenis penelitian baru tentang prosesor informasi biologis, melengkapi komputer digital normal.

“Apa yang tidak bisa dilakukan mesin adalah mempelajari sesuatu dengan sangat cepat- jika Anda memerlukan algoritma machine learning untuk mempelajari sesuatu, itu membutuhkan ribuan sampel data,” jelasnya, dilansir dari Japan Today, akhir pekan lalu.

Baca Juga

“Tetapi jika Anda bertanya kepada manusia, atau melatih seekor anjing, anjing itu dapat mempelajari sebuah trik dalam dua atau tiga kali percobaan.”

Kagan, kepala petugas ilmiah di Cortical Labs yang berbasis di Melbourne, mulai menjawab apakah ada cara untuk memanfaatkan kecerdasan bawaan neuron. Kagan dan rekannya mengambil sel tikus dari otak embrionik, dan mengambil neuron manusia dari sel-sel induk dewasa.

Mereka kemudian menumbuhkannya di atas susunan mikroelektroda yang dapat membaca aktivitas mereka dan merangsangnya. Eksperimen melibatkan sekelompok sekitar 800.000 neuron, kira-kira seukuran otak lebah.

Dalam permainan, sinyal dikirim dari kiri atau kanan array untuk menunjukkan di mana bola itu berada, dan “DishBrain,” sebagaimana para peneliti menyebutnya, menembakkan kembali sinyal untuk menggerakkan dayung, dengan cara yang disederhanakan, versi bebas lawan dari Pong.

Salah satu rintangan utama adalah mencari tahu bagaimana “mengajar” neuron. Di masa lalu, telah diusulkan untuk memberi mereka suntikan hormon dopamin “merasa baik” untuk menghargai tindakan yang benar-tetapi itu sulit dicapai dengan cara yang sensitif terhadap waktu.

Sebaliknya, tim mengandalkan teori yang disebut “prinsip energi bebas” yang diciptakan oleh penulis senior makalah Karl Friston, yang mengatakan sel-sel dirancang untuk meminimalkan ketidakpastian di lingkungan-lingkungan mereka.

Ketika neuron-neuron berhasil membuat dayung memukul bola, mereka menerima sinyal listrik yang “dapat diprediksi”. Tetapi ketika mereka meleset, mereka dikirimi sinyal secara acak, atau “tidak dapat diprediksi”.

“Satu-satunya hal yang bisa dilakukan neuron sebenarnya adalah menjadi lebih baik dalam mencoba memukul bola untuk menjaga dunia mereka terkendali dan dapat diprediksi,” kata Kagan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement