Senin 17 Oct 2022 22:19 WIB

Benzema di Ambang Jadi Pesepak Bola Kelima Prancis yang Raih Ballon d'Or

Benzema dijagokan raih Ballon d'Or karena prestasinya bersama Madrid musim lalu.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Penyerang Real Madrid Karim Benzema
Foto: EPA-EFE/Petteri Paalasmaa
Penyerang Real Madrid Karim Benzema

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Karim Benzema menjadi sosok favorit untuk menyabet gelar individu Ballon d'Or 2022 setelah mengarungi musim fantastis bersama Real Madrid pada musim 2021/2022. Sebanyak 30 pesepak bola top diumumkan sebagai kandidat peraih trofi Bola Emas. 

Kali ini, menariknya tidak ada nama sang raja Lionel Messi dalam daftar calon peraih penghargaan tersebut. Ini menjadi kali pertama sejak 2005 La Pulga tidak mejeng dalam daftar nomine peraih trofi Ballon d'Or.

Baca Juga

Sementara untuk sosok favorit pemenang Bola Emas tahun ini jatuh kepada penyerang Real Madrid, Karim Benzema. Pemain berusia 34 tahun tampil moncer bersama klubnya musim lalu.

Pelatih timnas Prancis Didier Deschamps bahkan tidak meragukan peluang anak didiknya Benzema untuk mendapatkan penghargaan tersebut. "Jelas, itu akan menjadi hadiah yang sangat bagus. Saya akan sangat senang untuknya jika dia bisa menerima Ballon d'Or," kata Deschamps kepada Telefoot, dikutip Marca, Senin (17/10/2022).

Benzema akan bersaing dengan 29 nama lainnya seperti Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah, Sadio Mane, Robert Lewandowski, Virgil van Dijk, Kylian Mbappe, Erling Haaland, dan Kevin De Bruyne.

Deschamps menambahkan, Benzema pantas mendapatkan trofi tersebut mengingat ia sukses mencetak 44 gol dan 12 assist dari 46 penampilannya di semua ajang. Ia juga merengkuh gelar top skor Liga Spanyol, meraih trofi La Liga serta Liga Champions 2021/2022.

"Dia pantas dan layak mendapatkannya. Terima kasih atas semua yang telah ia capai selama musim dengan penampilan dan gelar bersama klubnya. Bersama kami juga karena ia membantu kami memenangkan UEFA Nations League," kata Deschamps.

Deschamps bukan satu-satunya orang Prancis yang memberikan pujian terhadap Benzema. Legenda timnas Prancis Jean-Pierre Papin percaya sang penyerang merupakan kandidat yang paling menonjol untuk menerima penghargaan itu ketimbang pesaingnya.

"Saya pikir itu akan dimenangkan Benzema. Dia mempunyai peluang bagus memenangkan Ballon d'Or," kata peraih Ballon d'Or 1991 silam.

Apabila Benzema resmi mengeklaim gelar Ballon d'Or maka ia menjadi orang Prancis kelima yang memenangkannya setelah Raymond Kopa, Michel Platini, Papin, dan Zinedine Zidane. Orang Prancis terakhir yang memenangkannya terjadi pada tahun 1998.

Berikut pesepak bola asal Prancis yang sukses meraih trofi Ballon d'Or :

Raymond Kopa 1958

Michel Platini 1983, 1984, 1985

Jean-Pierre Papin 1991

Zinedine Zidane 1998

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement