Senin 17 Oct 2022 17:21 WIB

Polisi Tetapkan Guru Mengaji di Mataram Sebagai Tersangka Asusila Anak

Guru mengaji di Mataram lakukan tindakan asusila pada tujuh anak yang jadi muridnya

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Guru mengaji di Mataram lakukan tindakan asusila pada tujuh anak yang jadi muridnya. Ilustrasi.
Foto: Antara/Rahmad
Guru mengaji di Mataram lakukan tindakan asusila pada tujuh anak yang jadi muridnya. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM - Kepolisian menetapkan seorang guru mengaji di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat berinisial SA (56) sebagai tersangka kasus tindak pidana asusila terhadap anak.

"Dari hasil gelar perkara, pelaku yang berprofesi sebagai guru mengaji ini kami tetapkan sebagai tersangka kasus asusila sesuai sangkaan pidana yang diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Anak," kata Kepala Polresta Mataram Komisaris Besar Polisi Mustofa di Mataram, Senin (17/10/2022).

Baca Juga

Sangkaan pidana tersebut berkaitan dengan Pasal 81 ayat 1 Juncto Pasal 76D dan atau Pasal 82 ayat 1 Juncto Pasal 76E Undang-Undang Nomor 35/2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23/2002 tentang Perlindungan Anak Jo Undang-Undang Nomor 17/2016 tentang Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23/2002.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Mataram Komisaris Polisi Kadek Adi Budi Astawa membenarkan penetapan SA sebagai tersangka."Jadi, terungkapnya peran SA sebagai tersangka asusila ini berawal dari adanya dua laporan orang tua korban," ujar Kadek Adi.

Salah seorang korban awalnya mengeluhkan rasa sakit di bagian kelamin. Orang tua korban yang mendengar keluhan anaknya langsung melaporkan tersangka kepada polisi. Laporan tersebut masuk pada awal Oktober 2022.

"Jadi setelah ada laporan, yang bersangkutan langsung kami amankan dan kini sudah kami tahan setelah ditetapkan sebagai tersangka," kata dia.

Kadek Adi mengatakan korban dalam kasus tindak pidana asusila ini adalah murid mengaji dari tersangka SA. Dari hasil penyidikan terungkap jumlah korban dalam kasus ini sedikitnya tujuh anak.

"Dari hasil pemeriksaan saksi, termasuk kepala lingkungan, korban dari tersangka ini berjumlah tujuh anak, tetapi yang baru berani melapor dua orang. Mereka semua murid mengaji tersangka yang rata-rata usianya masih tujuh tahun," ucap dia.

Tersangka menjalankan modus kejahatan tersebut dengan cara memanggil korban untuk datang ke rumahnya. "Agar korban mau dan tidak lapor ke orang tuanya, tersangka memberikan uang Rp 10 ribu, kadang permen, jajan, dan pensil warna. Seluruh barang bukti itu sudah kami sita," kata Kadek Adi.

Lokus tersangka melakukan aksi kejahatan terhadap anak tersebut terjadi di ruang tamu, kamar mandi, maupun di kamar tidur. Tempat kejadian, jelas Kadek Adi, berlangsung dalam periode enam bulan terakhir. "Karena warga maupun orang tua mengetahui profesi tersangka ini sebagai guru mengaji, jadi awalnya, tidak ada timbul kecurigaan," ujarnya.

Kadek Adi mengatakan penetapan SA sebagai tersangka pada 14 Oktober 2022 sudah dikuatkan dengan alat bukti. Dia memastikan alat bukti bukan hanya dari hasil pemeriksaan saksi. Namun, ada pendapat dari ahli pidana maupun hasil visum korban.

"Jadi, alat bukti yang menyatakan bahwa terdapat perbuatan asusila pada anak ini sudah kami dapatkan, kemungkinan dalam waktu dekat kasus ini kami limpahkan ke jaksa peneliti," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement