Senin 17 Oct 2022 15:29 WIB

Sambut Muktamar, RS PKU Solo Gelar Peduli Lansia Sehat

Dilaksanakan senam antistroke untuk menurunkan tekanan darah.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Dokumen, RS PKU Solo melaksanakan kegiatan peduli lansia sehat waspada hipertensi sejak dini.
Foto: Dokumen
Dokumen, RS PKU Solo melaksanakan kegiatan peduli lansia sehat waspada hipertensi sejak dini.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menyambut pelaksanaan Muktamar ke 48 Muhammadiyah - 'Aisyiyah dan memeriahkan milad ke-95, RS PKU Muhammadiyah Solo menggelar 'Bakti untuk Negeri Peduli Lansia Sehat Kelurahan' di Timuran Banjarsari Taman Parkir Karyawan.  

Setidaknya ada 108 lansia dari perwakilan lima RW Kelurahan Timuran Banjarsari mulai datang ke RS PKU Muhammadiyah Solo sejak pukul 08.00 WIB. Kepada mereka, dilakukan skrining atau pemeriksaan tensi, berat badan, cek darah sederhana (asam urat, gula darah, dan kolesterol) oleh petugas RS untuk memastikan kesehatan lansia.

Kemudian dilanjutkan dengan senam anti stroke yang dilakukan untuk dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, dan penyuluhan kesehatan bersama dr Retno Suryaningsih, sebagai dokter spesialis penyakit dalam RS PKU Muhammadiyah Solo dengan tema tentang hipertensi.

Dalam paparannya, Retno menyampaikan risiko tertinggi terkena penyakit hipertensi adalah karena faktor keturunan genetik, gaya hidup tidak sehat, kegemukan, kolesterol tinggi, perokok, peminum alkohol, dan konsumsi garam berlebih. Oleh karena itu, penting bagi para penderita hipertensi hendaknya menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga rutin.

"Perlu juga untuk diet yang seimbang, pengelolaan stres, pantang alkohol dan rokok. Selain itu juga pembatasan natrium garam, kontrol rutin ke dokter, dan konsumsi obat sesuai anjuran dokter," kata Retno.

Hadir dalam acara ini Ketua Paguyuban Seger Waras, Suyanto, Penanggung Jawab Program Lansia Puskesmas Setabelan Banjarsari,  Yusuf, Pengurus Harian MPKU-PS PDM Kota Solo, dan Direktur RS PKU Muhammadiyah Solo Mardiatmo, beserta jajarannya.

Selain itu, dalam rangka menyambut Muktamar Muhammadiyah - 'Aisyiyah, kegiatan ini akan digerakkan oleh semua klinik dan RS Muhammadiyah-'Aisyiyah di seluruh Indonesia. Hal tersebut sekaligus sebagai bentuk kepedulian RS PKU Solo kepada bina lingkungan warga lansia sekitar rumah sakit.

"Mereka merupakan tetangga rumah sakit agar tetap sehat dan waras, bekerja sama dengan Puskesmas Setabelan Banjarsari dan Paguyuban Seger Waras yang menaungi aktivitas kegiatan lansia di Kelurahan Timuran Banjarsari Surakarta," kata Mardiatmo.

Ia lantas menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Solo yang diwakili Puskesmas Setabelan dan Kelurahan Timuran yang senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dengan program pemerintah yang berorientasi pada 'Waras Wargane Kutha Sala'.

Ditegaskan, kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut Muktamar Muhammadiyah - ‘Aisyiyah yang akan digelar di Kota Solo pada 18-20 November 2022. Sekaligus memeriahkan Milad RS PKU Muhammadiyah Surakarta ke-95 yang jatuh pada 18 November 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement